Cegah Stres! 6 Manfaat Mewarnai Untuk Orang Dewasa

Mewarnai untuk Dewasa


Sahabat suka mewarnai? Kapan terakhir mewarnai? Jangan salah, aktivitas mewarnai bukan hanya masuk wilayah anak-anak, kegiatan mewarnai ini juga sangat bermanfaat bagi kita, orang dewasa. Kabar baiknya lagi, mewarnai adalah salah satu penangkal stres yang terbukti berhasil.

Salah satu buku mewarnai untuk dewasa yang saya rekomendasikan adalah buku mewarnai genre doodle. Buku ini judulnya, NgeDoodle Yuk. Kerennya lagi, buku ini dibuat oleh salah satu teman saya bersama teman-teman senimannya yang lain.

Waktu saya buka bukunya, wow…saya suka melihat gambar-gambar dengan bagian rumpang untuk diisi warna-warni dari pensil warna saya. Heran, padahal saya sudah menjelang usia 40 tahun, Belum diwarnai, hanya dilihat saja saya langsung bersemangat.

Yang paling penting lagi, karena untuk dewasa, maka gambar lebih rumit dan butuh waktu untuk mewarnai satu halaman penuh. Detil gambar lebih rumit, dan tentu saja proses mewarnai akan butuh waktu lebih lama juga.

Perbedaan Buku Mewarnai Anak dan Buku Mewarnai Dewasa

Ketika Sahabat ingin mencoba untk rileks dan memutuskan membeli buku mewarnai, seperti buku Ngedoodle Yuk yang saya miliki, Sahabat harus memastikan belinya buku mewarnai untuk dewasa ya. Istilah kerennya adult coloring book. 

Mengapa khusus untuk dewasa? Tentu karena buku mewarnai dibuat dengan tujuan berbeda dan isi gambar pun berbeda.  Buku mewarnai dewasa biasanya memiliki tujuan tertentu, punya tema tertentu, dan tingkat mewarnai lebih sulit karena gambar makin detil dibuat.Yang terpenting buku mewarnai dewasa biasanya berfokus pada kesehatan dan kebugaran.

Semegtara buku mewarnai anak  dirancang untuk mengajarkan anak mengenal garis, warna, dan mewarnai yang tersirat sambil tetap berkreasi. Bentuk gambar lebih sederhana dan bersifat menghibur.

Buku mewarnai untuk dewasa  sering dirancang untuk mengurangi stres dan kecemasan. Desain gambarnya rumit dan detail hiasan dirancang untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Buku mewarnai dewasa juga dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan baru,, menambah fokus, dan menyehatkan mental.

Doodle

Manfaat Mewarnai Untuk Orang Dewasa

Menyelesaikan satu halaman mewarnai untuk orang dewasa pun membutuhkan waktu yang lebih. Pengerjaaannya harus hati-hati dan tentu saja teliti. Dengan alokasi waktu khusus untuk mewarnai yang terbukti susah dicari, lalu apa sebenarnya manfaat mewarnai buat orang dewasa? Simak alasan-alasannya ya Sahabat.

1. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Mewarnai terbukti membantu mengurangi stres dan kecemasan. Saat kita mewarnai, sesungguhnya kita sedang memfokuskan kembali pikiran pada aktivitas kreatif dan kemudian energi akan tersalurkan pada proses menciptakan sesuatu yang baru. Inilah yang menjadikan mewarnai sebagai aktivitas yang bisa membantu kita rileks dan bebas stres.

Secara medis bahkan mewarnai disebut sebagai salah satu terapi seni gambar yang bisa mengeksplorasi pikiran dan perasaan orang yang diterapi. Banyak orang dengan tingkat stres dan kecemasan tinggi yang menggunakan seni untuk mengurangi kecemasan dan tingkat stres.

Bahkan saya ingat, dulu ketika saya mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa di area RSJ Radjiman Wedyodiningrat, di bagian paling belakang museum terdapat beberapa karya ODGJ yang dipajang. Penjaga museum juga menjelaskan bahwa melukis adalah salah satu bentuk terapi, selain terapi rekreatif.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mewarnai adalah kegiatan yang bagus untuk dilakukan di malam hari sebelum tidur. Wah, ini pas banget buat saya yang hanya punya waktu luang di malam hari ketika semua anak sudah tidur pulas. Mewarnai dapat merilekskan otak, sehingga istirahat malam kita pun akan lebih berkualitas.

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Yang satu ini semua pasti sudah paham. Tetapi siapa sangka ternyata orang dewasa pun masih perlu mengaktifkan kemampuan motorik halus. FYI, Mewarnai melibatkan banyak keterampilan motorik halus, termasuk:

  • Koordinasi tangan-mata
  • Penggunaan alat
  • Pemrosesan sensorik
  • Kreativitas
  • Kepercayaan diri
  • Identifikasi tugas
  • Pencocokan warna
  • Koordinasi warna

Kerennya, karena semakin bertambah usia berarti saya dan Sahabat akan lebih rentan rentan terhadap demensia dan Alzheimer, kegiatan mewarnai akan membuat wilayah otak yang berbeda tetap aktif. Jadi, mewarnai bisa menjadi cara yang bagus bagi untuk mempertahankan pikiran yang aktif dan sehat!

4. Meningkatkan Fokus

Tahukah Sahabat, ketika kita asyik mewarnai sebenarnya ini adalah saat ketika fokus kita dilatih? Kita fokus menyelesaikan gambar untuk diwarnai, lalu mencari bagian mana yang belum terwarna. Ini sudah menjadi satu latihan fokus yang baik dan mudah loh.

Apalagi jika mewarnai buku Ngedoodle Yuk, level mewarnainya tingkat advanced dan cukup rumit. Ada banyak bagian-bagian kecil dan ini menjadi aktivitas bagus untuk bagian lobus frontal otak. Bagian otak yang bertugas memecahkan masalah, melakukan pengaturan, dan memengaruhi fokus.

5. Belajar Tentang Diri Kita Sendiri

Kegiatan mewarnai punya manfaat lain yang akan memaksa kita agar hanya memusatkan semua energi dan momentum saat ini. Dalam buku mewarnai untuk deasa, ada desain gambar yang lebih menantang untuk diwarnai dan diselesaikan. 

Ini membuat kita fokus pada satu hal, menutup sesaat atensi pada sekitar kita, dan mengembangkan serangkaian keterampilan baru. Kita akan melupakan sejenak hiruk pikuk kesibukan dan rutinitas harian untuk mengerjakan satu hal yang menyenangkan. Namanya juga buku mewarnai untuk dewasa, tentu saja proses mewarnai butuh waktu, dilakukan perlahan dan akhirnya kita sibuk pada satu kegiatan saja.

Sudah sering terjaid pada diri saya, saat mewarnai, saya makah jadi mendapatkan beberapa ide baru, lalu pikiran saya terpusat tetang apa yang ingin saya lakukan. Kiranya ini yang dinamakan mengenal diri lebih dalam. Mengetahui apa yang diinginkan dan fokus pada diri kita. 

Hal ini perlu loh Sahabat, karena ada waktu kita harus memikirkan tentang diri sendiri dan mengenalnya lebih lanjut setelah seharian menyediakan waktu untuk keluarga dan orang lain. 

6. Membawa Kembali Kenangan Masa Kecil

Dunia masa kecil kita pasti tak lepas dari kegiatan mewarnai. Bahkan ini adalah pelajaran wajib ketika kita sekolah di TK, iya kan? Sahabat, mengingat masa kecil kita adalah hal yang menyenangkan yang patut disenangi. Ayo kita ingat kembali amsa-masa hidup lebih berwarna, tanpa masalah, dan ceria.

Nah, kegiatan mewarna, untuk kita,i orang dewasa adalah cara yang bagus untuk mengembalikan beberapa kenangan indah. Mewarnai sesederhana yang didapat. Dulu kita senang melihat campuran warna-warna dalam objek yang harus idwarnai, maka sekarang pun Sahabat juga bisa merasakan hal yang sama. .

Salah satu hal terbaik tentang menjadi seorang anak adalah bahwa mereka menikmati hal-hal sederhana. Sahabat juga dapat melakukan hal yang sama seperti masa lalu. Kenangan indah akan membuat kita lebih memaknai hidup dan tanpa disadari ada proses kreatif dalam kegiatan mewarnai yang ikut menambah nilai diri kita.

Kesimpulan 

Sahabat bisa tahu kan sekarang apa saja manfaat mewarnai untuk dewasa? Ini hanya beberapa manfaat utama dari kegiatan mewarnai loh. Jika Sahabatmencari cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan, mengatasi kecemasan dan stres, dan meningkatkan perhatian Anda terhadap detail, maka buku mewarnai untuk orang dewasa mungkin cocok untuk Sahabat.

Mirip dengan buku mewarnai anak-anak, ada banyak buku mewarnai dewasa di luar sana juga. Coba pilih mana yang Sahabat suka dan raih semua manfaat buku mewarnai dewasa. Kerjakan saja dan luangkan waktu Sahabat. Mewarnai bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam kualitas hidup Sahabat secara keseluruhan. Well, seperti yang sudah saya coba dan terjadi pada diri saya sih :)


Post a Comment

10 Comments

  1. Masih kok mewarnai di rumah, lasannya menemani anak anak padahal emang suka.. tapi tetep aja biasanya nggak sampai slesai.. kepotong sama kerjaan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, walaupun "cuma mewarnai" tapi terbukti aktivitas ini cukup menyita waktu. tapi sepadan sih sama rileksnya

      Delete
  2. Saya memang sering sekali ikut lomba mewarnai atau melukis saat SD. Dua anak saya juga memiliki hobi yang sama. Nahhh pada saat stress muncul kadang saya iseng cari perlengkapan mewarnai mereka dan saya pun menggambar dan mewarnai sendiri. Hasilnya memang membuat saya lebih relax. Seperti stress release.
    Kalo ada doodle begini saya tertarik nih. Bikin saya tertantang untuk mewarnai nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kita yang dewasa, mewarnai doodle level hard ini pancen oye Mba :)

      Delete
  3. Ternyata banyak juga ya manfaat mewarnai bagi orang dewasa. Ada juga teman saya senang mewarnai dengan menggunakan buku mewarnai bagi orang dewasa.

    ReplyDelete
  4. Pantesan sy beberapa kali liat orang dewasa sharing hasil mewarnai di buku khusus. Kemungkinan itu bagian dari terapi kali yaa.. Mau coba ah kpn²...baru tau tau klo mewarnai meningkatkan kualitas tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skuy mari, karena setelah mata jeli mewarnai abis tu capek jadi bobo lebih enak. Kalo saya sih gitu haha

      Delete
  5. Waaah baru tau aku bun buku mewarnai buat dewasa. Ternyata bagus yaa terapi mewarnai buat dewasa, banyak manfaatnya ternyata.

    Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  6. Memang manfaat mewarnai untuk orang dewasa bagus ya..Maka aku juga punya buku mewarnai, terakhir sedang mewarnai pola batik nih. Sambil nunggu jemput anak atau lagi diam aku warnai deh bukuinya. Lain kali mau coba doodle ah

    ReplyDelete
  7. Pantesan suami saya suka mewarnai kalau lagi crowded pikirannya hihi,, lebih baik mewarnai ya ketimbang dilampiaskan dengan kemarahan

    ReplyDelete

advertise