Tips Wajib Sebelum Nonton Konser BTS 2022 - et cetera

Monday, November 8, 2021

Tips Wajib Sebelum Nonton Konser BTS 2022




Konser BTS 

Sahabat ada yang ARMY? Ya ARMY adalah julukan untuk fandom alias grup penggemar idol group BTS. Wah siapa yang tidak mengenal BTS? Kalopun tidak menyukai musiknya, pasti pernah melihat mereka. Iya, mereka juga jadi bintang iklan salah satu marketplace terbesar Indonesia. Jadi wajah mereka sudah wara-wiri di aneka saluran televisi nasional.

Kepopuleran BTS tidak perlu diragukan lagi. Segala torehan prestasi dan sepak terjang baik masing-masing anggota BTS, maupun secara kelompok, menjadi berita yang ditunggu penggemar dan berating tinggi. 

Salah satu berita yang sangat ditunggu ARMY adalah konser musik BTS 2022. BTS melaksanakan konser terakhirnya di tahun 2019 dalam konser yang bertajuk BTS WORLD TOUR ‘LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF’ [THE FINAL]. Walau dalam masa pandemi, personil BTS yaitu RM, Jin, Jimin, Jungkook, Suga, J-Hope, dan V tetap produktif menelurkan single maupun album. Bahkan baru saja mereka berkolaborasi dengan Coldplay dengan single My Universe.

Untuk mengobati kerinduan bertemu langsung dengan ARMY, BTS akan menggelar konser mereka yang bertajuk “BTS PERMISSION TO DANCE ON STAGE di Los Angeles. Konser ini masih ditambah dengan Live Play concert di LA’s SoFi Stadium pada 27,28 November dan 1&2 Desember. 

Konser BTS di Indonesia

Kapan BTS konser di Indonesia? Konser pertama Permission to Dance dengan protokol kesehatan ketat baru akan dilaksanakan akhir tahun di Amerika. Jadi di Indonesia kemungkinan besar digelar tahun depan. Ini pun jika pandemi terkendali. Rumor yang beredar menyatakan tahun depan, 2022 ada kemungkinan BTS akan konser di Indonesia. Ini seperti yang disampaikan irektur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto (Surya.co.id). 

Masih ada waktu untuk menabung kan? Lalu persiapan apa yang harus dilakukan jika jadwal konser sudah pasti dan badan siap berangkat?

Pantau Jadwal

Tentu penting sekali untuk mengikuti jadwal konser BTS 2022. Coba cek ke situs resmi manajemen BTS sehingga persiapan untuk konser bisa maksimal. Biasanya pihak EO bekerja sama dengan ticketing akan mulai melaunching tanggal konser dan juga tata cara pembelian tiket. 

Jika sudah tahu perkiraan waktu, maka kesiapan finansial pastinya sudah matang. Kesempatan mendapatkan tiket terbaik bisa didapat.


Beli Tiket Resmi

Konser mega bintang pasti laris manis tiketnya. Pengalaman saya dulu, banyak yang membeli tiket on the spot, tentunya dari calo karena kehabisan tiket sesuai dengan kelas yang diinginkan. Hal ini sangat beresiko. Kita tidak akan tahu mana tiket yang asli dan palsu, karenanya pastikan untuk membeli hanya di tempat penjualan tiket yang resmi. Sayang kan, jika sudah membeli tiket mahal dari calo ternyata tiketnya palsu. 


Waspada dengan Teman/Kenalan

Masih berdasarkan pengalaman nonton konser K-Pop, pernah ada kejadian seorang penggemar mencuri tiket penggemar lain yang tinggal dalam satu hotel. Belum lagi yang pura-pura baik dan menawarkan bantuan tapi ujung-ujungnya mengutil barang-barang dan uang. Ini benar-benar terjadi loh. Terutama untuk Sahabat yang dari luar kota dan berencana nonton bareng teman yang baru dikenal di medsos, mending ikut nonton barengnya ARMY Indonesia yang resmi. 

Merapat ke ARMY Indonesia

Wajib banget untuk follow info dari ARMY Indonesia. Mereka biasanya akan membantu pertanyaan atau kesulitan yang dihadapi oleh Sahabat, begitu juga dengan info seputar konser. Follow medsos mereka mulai dari sekarang dan bergabung di grup mereka ya.

Pengalaman saya dulu, untuk nonton konser bisa diorganisir oleh fandom Indonesia. Jadi tinggal bayar, lalu naik bus bareng ke lokasi konser. Pulangnya pun menggunakan bus yang sama. Lebih aman, hemat, dan pastinya tidak akan terlambat. Pengurus fandom akan memastikan akomodasi terbaik buat kita.

Ada juga yang mengorganisir acara berangkat nonton konser bareng dari kota tertentu loh Jikalau tidak ada pengorganisiran bus atau akomodasi lain, paling tidak bisa dapat info yang benar-benar valid.

Ijin Keluarga

Wajib banget ya punya izin dari keluarga. Keluarga juga wajib diberitahu tentang di mana kita berada dan ketika di venue konser beritahukan apa yang kita lakukan. hal ini untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi selama konser berlangsung. 

Makan Cukup

Sepertinya sepele ya, tapi yakinlah bahwa urusan makan sangat penting. Di tempat konser ada ratusan bahkan mungkin ribuan orang. Ada waktu menunggu, mengantri, dan berdesakan di dalam venue ketika konser berlangsung. Jika tidak cukup makan makanan yang bergizi, maka besar kemungkinan Sahabat bisa terlalu capek dan yang terburuk pingsan. Rugi kan jika tidak bisa menonton seluruh konsernya?

Oh ya, sepanjang pengalaman saya nonton beberapa konser K-pop, pihak panitia tidak mengizinkan kita membawa makanan dan minuman ke dalam venue. Jadi, wajib makan dan minum sebelum masuk venue. Tapi ingat, jangan kekenyangan juga ya. Bawa permen juga di kantong. Manisnya permen bisa menambah energi dan memperbaiki mood. 


Banyak Minum

Jangan sampai dehidrasi! Walau di dalam venue konser itu ber-AC yang dingin pol (ketika belum terisi banyak fans), ketika sudah terisi sepertiga saja, sudah terasa panas. Apalagi jiak terisi penuh. 

Belum lagi mengantri kepanasan di luar venue, pasti bikin berkeringat. Oh ya, untuk memanggil nama personil BTS dan menyanyi sepanjang konser juga butuh energi kan? Jangan sampai lemas karena dehidrasi.

Minim Bawaan

Usahakan tidak membawa tas ketika nonton konser. Jika terpaksa, jangan bawa tas besar ke dalam venue konser, apalagi dengan bawaan berat. Cukup bawa tas kecil, berisi dompet, HP dan tiket konser. Tidak perlu membawa botol minuman dan lainnya. 

Tidak ada penitipan tas di venue konser. Untuk ARMY dari luar kota atau luar wilayah konser, sebisa mungkin menitipkan barang bawaan ya. Bisa di stasiun atau bandara.

Persiapan Gadget

Ini persiapan super penting. Pastikan memori HP luas. Saya pernah gagal merekam artis idola yang lewat tepat di depan saya ketika ia akan masuk ruang tunggu bandara. Tiba-tiba kamera HP hang. Ternyata memori sudah penuh. Jangan sampai hal buruk terulang pada Sahabat.

Isi ulang daya baterai, bawa powerbank dan pasang stra[ pada HP agar bisa dikalungkan di leher atau diikatkan di tangan. Nanti ketika konser, dengan desakan ARMY di kiri, kanan, depan, belakang, kita akan masih bisa merekam dengan nyaman dari HP.

Outfit Nyaman

Super penting untuk menggunakan outfit yang nyaman, terutama sepatu. Bagi saya pribadi, inti dari acara adalah konser. Saat konser fokus ada pada sanga superstar, lampu venue tertuju di panggung, jadi tidak akan ada yang memperhatikan kita. 

Lebih baik pakai pakaian yang tipis, ringan, nyaman dengan sepatu yang sangat nyaman. Tidak usah terlalu peduli pada fashion, kali ini. Toh nanti kita akan bersorak-sorai, berdesakan, dan bergencetan dengan penggemar lain.

Ada yang punya pengalaman nonton konser khususnya K-Pop? Tips lain apa yang bisa dibagi lagi ya? Yuk IshareI di kolom komentar.

51 comments

  1. Makasih tipsnya, bermanfaat sekali, siapa tau besok-besok punya kesempatan nonton konser jg (◍•ᴗ•◍)

    ReplyDelete
  2. Wah, senang banget mbak bisa nonton konser lagi. Dulu saya nonton konser itu pas zaman kerja dan belum ada anak-anak, hehehe. Jadi kangen nonton konser lagi. Memang harus persiapan kalau mau nonton konser, soalnya bakal mengeluarkan tenaga besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton konser tu rasanya kek sesuatuuu gitu kan Kak? hehe

      Delete
  3. Wah aku blm pernah nonton konser kpop nih. Biasanya kl aku nonton konser musik sedia uang pecahan kecil dan nggak bawa uang cash terlalu banyak. Demi menjaga kemanan saat jingkrak2 nyanyi🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang cashnya buat jajan makan dan minum aja Kak :D

      Delete
  4. Jujur saya gak hapal nama personil BTS. Tapi memang benar-benar idol anak remaja sekarang. Masih segar dalam ingatan gimana BTS X Macdonald kolaborasi. Heboh satu Indonesia dibuatnya.
    Tapi baca artikel serem juga ya, ada orang yang pura-pura baik untuk mencuri tiket BTS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadiannya bukan pas konser BTS, tapi pas konser BIGBANG kak. sebenarnya saya juga hampir kena tipu kok. Tapi versi yg lebih alus....ya sesama fans juga...yg berangkat bareng dan selama di Jkt menampung say. Miris lah

      Delete
  5. Astaga masi ada yang cari cari kesempatan ya saat konser begini, bener say mesti hati hati sama teman dan kenalan ya..

    ReplyDelete
  6. Tipsnya mantul bener tuk pencinta k-pop yang mau nonton konser. Saya sungguh senang membaca ulasan kakak, jadi nambah wawasan. Makasih.

    ReplyDelete
  7. Ya Allah sampe ada yg mau mencuri hanya demi tiket artis k pop ya mbak. Duh duh... Ngefans boleh aja ya mba. Tapi juga hati hati kalau ada indikasi kurang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herannya tiket yang VIP, paling mahal, dapetnya berdiri umpet2an di depan panggung dijual muahal dan dalam hitungan kurang dari 5 menit inget saya udah habis mba pas itu. Ngeri kan? Pantesan sampe ada curi2an heleeeh

      Delete
  8. Tipsnya harus dicatat. Soalnya penting bukan cuma buat ada konser saja tapi juga buat acara lain. Mengedepankan keamanan dan kenyamanan dengan pihak resmi itu emang diharuskan ya

    ReplyDelete
  9. Ah mau konser ya di Indonesia? Semoga lancar deh dan aman terkendali, biar ARMY di Indonesia pada senang. Tipsnya keren banget nih kakak, apalagi yang harus waspada sama teman atau orang yang terlalu baik. Saya bukan Kpopers sih, tapi baca tips ini udah menambah wawasan banget. Makasih ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal nunggu COVID-19 aja bisa segera cus dari sini atau ngga. ARMy nya sudah siap2 buat tahun depan, walau belum jelas juga kapan konsernya 😝

      Delete
  10. Gila, BTS bakal konser di Indonesia. Pasti bakal rame banget dan seru. Semoga nanti panitia penyelenggaranya bisa mengantisipasi penonton yang banyak. Duh pasti keren banget nanti kalau stadion dikelilingi oleh warna ungu.

    Aku mau nambahin, jangan lupa bawa sabun cuci muka, parfum, bedak, lipstik dan makeup standar. Soalnya pasti nunggunya lama, dan muka udah keburu kucel. Gak keren dong acara belum dimulai, belum foto2, eh mukanya nggak seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul ...biar paripurna penampilan pas nontin tar...ga cuma BTS yg boleh asri dipandang dong

      Delete
  11. Wahhhh ini yang dinantikan banget. Kalo BTS jadi konser di Indonesia, udah deh ngga kebayang gimana hebohnya. Harus pantau jadwal dari jauh hari dan memastikan tiket dalam genggaman adalah asli. Harta karun yang harus disimpan biar ngga digondol temen wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dompet juga dikekepin kuat2 mbak. Namamya juga event rame, ada aja orang cari kesempatan dalam rangka mengenakkan diri sendiri

      Delete
  12. bakalan jadi pengalaman menarik nih ya buat para Armi, Adik sepupuku nih salah satu Armi juga, demen banget dengan Oppa-oppa ini, nanti saya mau kasih tipsnya ini juga deh kali aja diaa juga mau menikmati konsernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa panas dingin tar sepupu mbak klo beneran konser BTSnya. Sensasi yang uwowo

      Delete
  13. Mantep ya, Indonesia masuk salah satu negara tujuan konser BTS.
    Btw bagaiman dengan prokes, ya mbak?
    Bukannya kita masih pandemi, yak. Padahal nonton konser identik dengan eforia, yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah mb, saya rasa bisa akhir tahun depan. Kalopun jadi. Karena di US aja masih terbatas. Mungkin selanjutnya negara2 lain dan baru ke kawasan Asia Tenggara. Awalnya saya juga ngga percaya, tapi karena ada rumor yang disampaikan penggede venue yg akan dipakai konsernya artis internasional, ya bisa jadi emang akan terlaksana.

      Delete
  14. duh duh, yang pasti kudu cukup tidur dan kenyang nih biar tenanganya ekstra buat ngikutin dari awal sampai akhir ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan akan ada banyak yang rela saling senggol di acara macam ini

      Delete
  15. wah BTS mau konser di Indonesia, penasaran pengen nonton, tahun 2022 ya, pasti niy tiketnya dah ludes aja sama penggemar Kpop Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa-bisa 2 menit abis yg VIP, denger kabar harga 9 juta an

      Delete
  16. Wah, penggemar BTS kayak anakku. Dia pernah bilang pengen nonton konsernya, tapi dia balik lagi. Belum begitu berani untuk nonton konser idolanya secara langsung. Ternyata nggak boleh ya, bawa makanan dan minuman ke dalam venue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya bukan ARMY sih, mantan penggemar BIGBANG hehe. Sesama Kpopers tahu rasanya mengidolakan mereka. Pokoknya waspada aja mba kalo jadi nonton konser. Mulai dari beli tiket sampai pas acara.
      Baiknya memang uda dewasa buat monton konser. Di Indonesia begitu amat soalnya.

      Delete
  17. Saya malah baru tahu istilah ARMY dan BTS ini bukan penggemar soalnya, cuma lebih suka nonton drakor saja hehe

    ReplyDelete
  18. Pokoknya harus siap mental ya mbak misal desak desakkan. Saya pun kalau nonton konser kayaknya harus ingat usia deh, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau nonton konser 2 jam, datangnya 3-4 jam sebelumnya kalo beli tiket festival. Kalo gak ya wassalam digencet2. Kalo gak beli VIP sekalian. Tenang tenteram, tapi harus keluar dompet lebih.

      Delete
    2. Tiket VIP itu tergantung acara sih Mb. Dulu ada VIP yg duduk, tapi di belakang dong. Paling belakang. Karena yg depan, di bagian bawah buat berdiri dempet2 gencet2an. Tapi ngadep artisnya langsung. Saya dulu beli tiket yg begini. Tapi asyik. Bisa deket banget sama artisnya. Pas beruntung juga sih.

      Nah kemudian ada konser lain yang VIP nya justru yg gencet2an di depan panggung dan berdiri. Karena itu tadi, mereka bisa merangsek sampe ke bibir panggung hehe

      Delete
  19. Keren banget nih. Pasti antusias banget para ARMY mendengar kabar ini. moga tidak ada halangan konser BTS tahun depan di Indonesia ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Yang penting tapi kadang terlupakan saking kena euforianya : jangan lupa minum. Hehe bener banget mbaa. biar ngga dehidrasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah berada di suatu masa pas lonjak-lonjak kerasa udara berenti di leher atas, kurasa aku mo pingsan pas itu. Lalu aku diam dan atur nafas dulu....ga bsa minum lagi pas di dalam

      Delete
  21. Wowowowww, saya bukan Army, hanya penikmati karya-karya mereka saja. Tapi saya ikut excited sama konsernya. Apalagi fansnya ya.

    Jadi ingat nonton konser perdana tuh L'Arc~en~Ciel World Tour 2012, trus lanjut konser BigBang di Ancol, sama konser solo G-Dragon. Semangatnya sungguh luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu...saya nonton yg BIGBANG, merinding denger suara gemuruh fans dan bener mba...semangat yg luar biasa. Kok ya ga capek dr pagi sampe malam jejeritan, lari2 dan berdesakan hehe

      Delete
  22. Wah info menarik nih buat pencinta BTS, yg Army ya istilahnya. Dan saya pikir tips-tips ini bagus juga diterapkan untuk nonton konser lainnya, bukan hanya nonton BTS sih. Dan waspada harus tetap didahulukan.

    ReplyDelete
  23. Wah BTS udah mau konser aja nih, asyik nggak virtual lagi😍 makasih tipsnya kak, bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga beneran terwujud. Betapa ngga enaknya konser virtual itu haha

      Delete
  24. BTS mau konser ya di 2022 kudu ada persiapan yang matang nih buat para Army. Anak saya juga Army tp sekarang pindah jadi NCT Lover. Cm dia masih punya album dan light stick yg buat nonton konser BTS dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pindah haluan gini pasti ada alasan yg menusuk kalbu deh mom, ehehe

      Delete
  25. wih ngeri ya, sampai ada kejadian mengutil/mencuri tiket juga demi bisa nonton idolanya. Kalau konser dengan artis yang banyak penggemarnya gini emang mesti banyak yang dipersiapkan, biaya dan fisiknya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara apapun yg melibatkan fanatisme selalu mengundang orang2, yg memanfaatkan situasi

      Delete
  26. tahun depan 2022.. ga terasa sebentar lagi...eitss... selain nabung dari sekarang... kudu hati2 juga jangan sampai beli tiket di tempat yang ga bener... khawatir dapat yang palsunya.. kan sayang ga bisa digunakan ... siap-siap yuks

    ReplyDelete
  27. Beli tiket resmi ini wajib banget sejak awal-awal, karena biasanya terus pada diborong calo terus kita musti beli "mahal" ya kan.

    ReplyDelete
  28. Aku jujur gak mengikuti kak, tapi pernah sekilas liat nonton konser BTS tayang di televisi,itu antusias penonton banyak banget ya

    ReplyDelete