Review Aplikasi My Calendar - Perempuan Wajib Punya - et cetera

Wednesday, July 17, 2019

Review Aplikasi My Calendar - Perempuan Wajib Punya




Postingan kali ini khusus untuk para wanita. Paling pas sih dipakai untuk yang sudah menikah oho ho. Saya ingin mereview tentang aplikasi kalender datang bulan alias aplikasi masa subur, alias aplikasi haid. Mudahnya disebut aplikasi haid saja ya.

Suatu hari saya teringat sebuah nasihat dari ahli kesehatan bahwa wanita seharusnya punya catatan tentang riwayat haidnya dan tahu tanggalnya. Awalnya saya mengindahkan nasihat ini karena saya tinggal tunggu kapan haid datang. Sebenarnya ini kurang tepat, karena sebagai wanita ada banyak kegiatan rahim termasuk urusan reproduksi dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

Untuk yang baru menikah, punya kalender haid akan mempermudah segalanya. Daripada repot menghitung di kalender secara manual, gunakan saja teknologi lewat install aplikasi kalender haid. Nah, berdasar pengalaman pribadi maka saya menyarankan pada Sahabat untuk install aplikasi “Period Tracker - Period Calendar Ovulation Tracker”. Aplikasi ini sangat memudahkan untuk mengetahui kapan jadwal haid datang, kapan masa subur, kapan masa tidak subur dan bahkan bisa mencatat mood kita juga.

Untuk yang sudah menikah menggunakan aplikasi ini bisa diketahui kapan masa paling pas untuk berhubungan dan mengharapkan kehamilan. Kehamilan rezeki Tuhan, tapi secara logika rahim punya masa pembuahan paling baik dan tidak. Nah ketika sudah menginstal aplikasi ini maka Sahabat akan diminta untuk memasukkan siklus haid.

Saya punya siklus haid 28 hari. Ketika haid datang saya masuk ke aplikasi dan klik pada tulisan “period starts”, maka otomatis aplikasi menghitung durasi haid, dan masa subur langsung muncul. Aplikasi ini memang berbahasa Inggris, tapi saya rasa ini termasuk aplikasi paling lengkap, gratis, dengan iklan yang tidak mengganggu dan juga tampilannya cute.

Dulu waktu masih pengantin baru saya menggunakan patokan masa subur sesuai kalender di aplikasi Period Tracker - Period Calendar Ovulation Tracker. Alhamdulillah langsung hamil. Jadi, sengaja di masa subur saya persiapkan fisik dan mental dengan baik dan saya tidak menyia-nyiakan 7 hari pascahaid yang dikategorikan sebagai jendela kesuburan. Di ada 6 hari yang menjadi hari dengan kemungkinan kehamilan sedang dan 1 hari dengan kemungkinan kehamilan sangat tinggi.

Sebaliknya untuk mencegah kehamilan, saya yang memilih KB alami menggunakan kalender ini juga untuk mengurangi resiko kehamilan. Jadi ketika masa subur datang saya dan suami perlu sangat berhati-hati. Jadi, kalender ini juga sangat membantu.

Jika Sahabat tidak dalam program kehamilan maka menggunakan aplikasi Period Tracker - Period Calendar Ovulation Tracker bisa dipakai untuk catatan jika ada ketidakwajaran dalam masa haid. Di aplikasi ini kita bisa mencatat dengan memberikan centang pada opsi kondisi darah haid. Mulai dari warna, bau, bentuk, ada pilihannya. Bisa kita pilih dan bisa dijadikan upaya untuk mawas diri jika ada kelainan.

Selain itu mood kita selama masa haid juga bisa ikut dicatat. Pastinya ada swing mood ketika haid, Nah, aplikasi ini juga bisa membantu. Semua catatan bisa terekam dengan baik dan bisa diback up di email. Jadi sewaktu-waktuketika membutuhkan data semua sudah terpapar di sana. Praktis bukan?

Di bawah ini penjelasan tentang aplikasi Period Tracker - Period Calendar Ovulation Tracker dan catatan tambahan dari saya.