Manfaat Berkunjung ke Kebun Binatang untuk Anak

 

manfaat ke kebun binatang

Anak-anak adalah makhluk Tuhan yang dibekali banyak rasa ingin tahu. Binatang adalahh salah satu yang mereka sukai, tentunya di luar tokoh binatang animasi yang biasa mereka tonton di televisi. Ternyata, mengunjungi kebun binatang adalah sebuah cara untuk menghidupkan imajinasi anak dan membangun hubungan emosional dengan hewan.

Manfaat Mengajak Anak-anak ke Kebun Binatang

Apakah Sahabat ingat kapan terakhir kali mengajak anak-anak mengunjungi kebun binatang? Selain sebagai sarana rekreasi, ternyata berkunjung ke kebun binatang punya banyak manfaat untuk anak. Seluruh pengalaman mengunjungi kebun binatang adalah pengalaman interaktif yang membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas mereka.

Wow, ternyata banyak proses belajar yang bisa dikerjakan dengan senang hati di kebun binatang ya. Sahabat mungkin belum menyadari bahwa dengan membawa anak-anak berkunjung ke kebun binatang, ada manfaat luar biasa seperti berikut ini.

Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak

Saat anak-anak berjalan di area kebun binatang dan melihat berbagai binatang yang berada di habitatnya,anak-anak akan belajar banyak kata dan konsep baru. Oke, mereka tahu seperti apa bentuk fisik burung, tetapi membedakan antara burung berparuh kantong yang disbeut pelikan dan burungberkaki ramping yang Bernama flamingo mungkin hanya bisa dipelajari sambal dilihat lebih dekat di kebun binatang.

Ketika anak bertanya apa nama burung tersebut, lalu Sahabat menjelaskan bentuk fisiknya, bisa juga membacakan papan keterangan di depan kandang satwa, maka terbentuk sebuah percakapan yang sehat antara orang tua dan anak-anak. Sahabat juga bisa memberikan tebakan atau pertanyaan pada Ananda tentang hewan-hewan yang dilihat. Kegiatan seperti ini akan akan meningkatkan kemampuan kosakata dan pemahaman mereka.

Menumbuhkan Empati pada Hewan

Kunjungan lapangan ke kebun binatang memberi anak-anak kesempatan untuk melihat berbagai binatang di lingkungan alami, atau paling tidak mendekati dengan lingkungan asli mereka. Ini juga membantu anak-anak memahami bahwa hewan adalah makhluk hidup dan mereka juga memiliki kebutuhan tertentu untuk bertahan hidup.

Pemahaman ini menuntun anak-anak untuk mengembangkan kasih sayang dan empati kepada hewan. Anak-anak juga belajar bagaimana sebuah habitat terbentuk dan bagaimana manusia seharusnya berkewajiban menjaga kelangsungan hidup sesama makhluk Tuhan alih-alih membuatnya semakin langka.

Beberapa kebun binatang memiliki area khusus di mana anak-anak dapat memberi makan, menyentuh, dan bermain dengan binatang. Pengalaman langsung ini sangat membantu mereka untuk belajar tentang hewan dan kebutuhannya.

Memperkuat Family Bonding

Sadarah Sahabat bahwa kebun binatang bisa menjadi sebuah tempat indah untuk sesame anggota keluarga saling memperkuat ikatan kekeluargaannya? Menghabiskan sepanjang hari bersama sebagai sebuah keluarga sambil bercengkerama, makan bersama, dan mungkin menggelar tikar untuk menyantap makanan dari rumah sungguh mengasyikkan bukan? Cukup bawa bekal secukupnya dalam wadah makanan dan nikmati sepanjang hari bersama-sama. Kegiatan seru ini efektif untuk empererat hubungan antara orang tua dan anak.

Meningkatkan Cinta Lingkungan

Kebun Binatang adalah sebuah miniatur keanekaragaman satwa. Dengan mengunjungi kebun binatang, anak-anak mendapatkan gambaran tentang lingkungan yang dibutuhkan hewan untuk bertahan hidup. Mereka mulai memahami pentingnya melindungi lingkungan untuk menjaga rumah hewan tetap aman dan terlindungi.

Yang paling penting adalah, anak-anak menjadi lebih sadar untuk melestarikan alam kita untuk menjaga keseimbangan ekosistem kita. Pengenalan tentang cinta lingkungan bisa dimulai dari kegiatan menyenangkan ini.

Menambah Pengetahuan Akademik

Sudah tidak perlu diperdebatkan lagi ibahwa kegiatan mengamati satwa adalah sebuah kegiatan menambah pengetahuan akademik yang sarat muatan tapi menyenangkan untuk dipelajari. Anak-anak memahami tentang spesies (masuk pelajaran sains), asal hewan (bisa masuk pelajaran geografi), cara hewan hidup adan lain sebagainya.

Melalui kegiatan mengunjungi kebun binatang, anak-anak belajar bagaimana pendekatan multi-indera untuk belajar sedang mereka gunakan. Mereka melihat, merasakan, mencium bau, dan memahami apa yang dilakukan hewan-hewan di habitatnya. Pengalaman ini tentu jauh lebih luas dan lebih seru daripada apa yang mereka baca  di buku cerita.

Tips Berkunjung ke Kebun Binatang Bersama Anak-Anak

Nah, Sahabat semakin yakin bukan bahwa berkunjung ke kebun binatang itu punya banyak manfaat, tak sekadar jalan-jalan bersenda gurau saja. Lalu apa saja yang Sahabat perlu siapkan sebelum berkunjung ke kebun binatang bersama si kecil?

Berikut ini beberapa tips berguna yang dapat Sahabat ikuti untuk bersenang-senang di kebun binatang:

Cek Cuaca

Sebelum merencanakan perjalanan ke kebun binatang, cek ramalan cuaca. Kunjungi kebun inatang saat hari cerah di luar musim penghujan. Jikalau terpaksa pergi di musim penghujan, siapkan jas hujan dan sepatu boots.

Pilih jadwal kunjungan dengan seksama

Pilih di luar akhir pekan atau paling tidak berkunjunglah di hari Sabtu. Hindari hari besar dan libur dobel karena dijamin kebun binatang akan penuh sesak. Tentu tidak nyaman jika anak-anak tidak bebas melihat satwa kan?

Persiapan Kecil Lainnya

Bawa bekal makanan berupa makanan ringan, biscuit, atau sandwich dalam kotak makanan. Jika berkunjung ke Kebun BInatang Surabaya, Sahabat bisa membawa nasi dan lauk pauk untuk bekal. Tetapi, tidak semua kebun binatang mengizinkan pengunjung membawa makanan berat ke dalam Kawasan kebun binatang.

Jangan lupa untuj nenbawa air minum sendiri. Pastikan membawa topi dan kaca mata hitam jika diperlukan untuk si kecil. Oleskan juga tabir surya mengingat terik matahari biasanya cukup kuat. Oh ya, jangan lupa membawa tisu basah dan kering ya.

Semoga perjalanan ke kebun binatang menyenangkan. Ayo rencanakan kunjungan ke kebun binatang bersama si kecil yuk. 

Post a Comment

10 Comments

  1. Baru minggu kemarin anakku berkunjung ke kebun binatang. Memang benar kata artikel ini, anakku jadi dapat tambahan ilmu lho. Karena konsepnya belajar langsung praktik gitu.
    Selama ini cuma belajar lewat buku, nah pas di zoo park anak-anak jadi lebih ngeh kan.. Ku syuka pokoknya ngajak anak belajar langsung sama hewan di kebun binatang.

    ReplyDelete
  2. Wah baca artikel ini jadi sadar belum pernah ajak si adek ke zoo. Si kakak ke zoo juga pas masih kecil dah lupa. Gara2 pandemi jd beberapa tmpt pembelajaran ke skip. Soon ah pingin ke zoo. Lihat binatang yg hanya biasa dlihat di gambar doang. Semoga cuaca aman!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera ada kesempatan Mba, bocil pasti girang :)

      Delete
  3. Wah iya, kebun binatang adalah salah satu tempat liburan favorit buat anak anak
    Bisa belajar banyak disini

    ReplyDelete
  4. Sepakat mbak. Berkunjung ke kebun binatang banyak manfaatnya bagi anak. Agar mereka tahu bahwa hewan sebaiknya disayang dan sama sama merupakan makhluk hidup

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat kalau dah lama banget nggak ke kebun binatang. Keknya sejak pandemi deh. Berarti udah 2 tahunan. Sayangnya di kotaku kebun binatangnya nggak terawat.. jadi malah sedih kalau main ke sana. Anakku juga komennya, "kok kurus-kurus ya bun.. kasian."

    ReplyDelete
  6. Setujuuuu mba.. meski awalnya aku ajak anak2 ke kebun binatang tuk wisata. Dan kenalin satwa2 ternyata lebih banyak manfaat lainnya

    ReplyDelete
  7. bener banget, bisa ngenalin binatang secara langsung memang lewat kebun binatang ini ya, semoga banyak kebun binatang di Indonesia yang bagus dan terawat ke depannya

    ReplyDelete
  8. Ternyata manfaatnya banyak juga ya. Anak2ku sangat suka lihat hewan2 jadi pastinya mereka bakal senang banget kalau diajak ke kebun binatang sayangnya di tempat tinggal saya belum ada kebun binatang. Biasanya cuma diajak lihat sapi dan kuda aja di sini

    ReplyDelete

advertise