Tlogoland - Pilihan Wisata Tipis-tipis di Tengah Hutan Tropis


Pernah berkunjung ke Lawang, di Kabupaten Malang, Jawa Timur? Mungkin sebagian besar yang berwisata ke Batu atau daerah Malang kota dari arah Surabaya hanya sekadar lewat di kecamatan ini. Kalopun berwisata mungkin tujuan utamanya adalah Kebun Teh Wonosari, ug di Kecamatan Lawang.  Atau mungkin singgah sebentar untuk belanja di Pasar Lawang yang letaknya strategis tepat di pinggir jalan utama, pas untuk belanja oleh-oleh. 

Wisata Alam Asri di Wonorejo

Lawang yang jadi kecamatan terluar, berbatasan langsung dengan kabupaten Pasuruan, terletak di dataran tinggi yang kaya akan potensi wisata jika dikelola dengan serius. Salah satu hasil pemanfaatan potensi alam ini adalah tempat wisata yang dikelola oleh warga Tlogo, Desa Wonorejo. Nama daerah wisatanya Tlogoland. Alamatnya di Jl. Tlogorejo RT 01/11, Wonorejo, Lawang, Malang, Jatim

Untuk Sahabat yang ingin jalan-jalan tipis-tipis atau mampir sejenak sebelum lanjut ke destinasi wisata di Batu, bisa mampir ke Tlogoland yang pas buat liburan keluarga. Ancer-ancer, alias penanda untuk sampai ke lokasi ini adalah dari  Pasar Lawang melaju ke barat (arah ke Kebun Teh Wonosari). Sebelum tanjakan Perum TNI AL, ada pertigaan ke kanan, ikuti jalan sampai ketemu tempat wisata Tlogoland sebelah kiri jalan.

Setibanya di lokasi, Sahabat bisa menemukan tempat wisata di lereng bukit yang asri. Keistimewaan dari tempat ini salah satunya adalah kontur tanah yang berundak-undak dan tetap dipertahankan seperti aslinya. Lingkungan yang alami dengan pepohonan khas bukit tropis di Jawa Timur menambah keelokan Tlogoland. Hal lain yang menjadi ciri khas adalah jembatan jembatan bambu yang menghubungkan satu spot dengan spot yang lain. 


Tiket Murah, Pemandangan Indah




Penatnya aktivitas rutin di hari kerja membuat orang mudah stres dan bosan, Sudah sewajarnya juga jika otak, mata, telinga, dan indra lainnya diberi waktu rehat setelah lelah bekerja keras menyelesaikan aneka tugas. Refreshing  alias penyegaran diri berupa kegiatan wisata adalah obat untuk membuat diri lebih segar lagi. 

Tempat wisata yang mudah dijangkau baik dari segi jarak tempuh, medan, maupun harga tentu sangat memudahkan urusan penyegaran diri. Coba bayangkan jika tempat wisatanya punya akses yang sulit dijangkau, jaraknya sangat jauh dari jalan utama atau pusat kota, ditambah tiket yang mahal. Wah pasti dibutuhkan tenaga dan usaha lebih ya, Bukannya melepas penat, malah mendatangkan penat itu sendiri, bonus harus merogoh kocek dalam-dalam pula.

Tahukah Sahabat berapa tiket masuk ke Tlogoland? Murah loh, hanya 5000 rupiah di hari Senin - Jumat alias weekday, dan 10.000 rupiah di akhir pekan alias hari Sabtu dan Ahad. Serius semurah itu? Iya betul. Semurah itu! 

Pihak pengelola memang menginginkan semua pengunjung dari semua lapisan masyarakat bisa datang dan menikmati objek wisata ini. Wah, kalau seperti ini sih penat hilang, dompet aman, iya kan?   


Harga Murah, Fasilitas Oke



Sahabat mungkin bertanya-tanya ya, dengan tiket masuk sangat murah, fasilitas apa yang bisa  didapat di sana? Sebagai tempat wisata yang terbuka untuk semua umur, mainan anak-anak sampai pondok bermalam tersedia di sini. Ada beberapa ayunan, perosotan, dan permainan khas playground yang bisa ditemukan di . Tlogoland

Yang ingin sehat bugar bisa mencoba berenang di kolam renangnya. View nya cantik, udaranya sejuk, dan seperti biasa, karena di dataran tinggi, masih di wilayah dekat kaki Gunung Arjuno, bisa dipastikan airnya dingin, mungkin di hari tertentu bahkan bisa sangat dingin untuk ukuran warga kota yang terbiasa tinggal di udara panas. Oh ya, jika ingin berenang, jangan datang di hari Kamis ya? Di hari ini kolam renang dikuras, jadi tidak menerima pengunjung yang ingin berenang.

Fasilitas wisata edukatif seperti outbond   juga tersedia, tinggal menyesuaikan saja dengan budget yang dimiliki, mau sewa tempat saja atau termasuk paket outbond nya. Tetapi, outbond hanya bisa dilakukan di hari Minggu, di hari kerja masih belum bisa dilakukan. Mungkin nanti pengelola akan bisa mempertimbangkan terwujudnya layanan outbond di hari kerja. 

Jika anak-anak sibuk bernang dan bermain di arena playground, para ibu dan remaja yang hobi selfie bisa memanfaatkan banyak spot foto yag memang sudah disediakan di sini. Aneka pose kekinian yang instagrammable bisa dipilih dengan latar belakang hutan hijau yang indah. Tlogoland juga bisa jadi tempat yang pas untuk foto prewedding

Karena Tlogoland bisa dikunjungi oleh semua segmen usia dan tiket masuknya murah,tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisataalternatif keluarga  terutama di akhir pekan. Tak usah khawatir, pihak pengelola sudah menyiapkan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung.


Petik Buah On the Spot

Musim buah apa kali ini? Asyiknya, Tlogoland juga menyediakan lahan alaminya yang ditanami aneka tanaman buah untuk bisa dipetik. Istilah kerennya, wisata petik buah. Sahabat suka memetik buah langsung dari pohonnya? Nah di tempat ini Sahabat bisa mencoba wisata petik buah.

Buah apa yang bisa dipetik? Tentunya buah yang sedang musimnya pada saat itu. By the way, Desa Wonorejo terkenal sebagai penghasil buah alpukat dan durian loh. 

Beberapa bagian tanah Tlogoland juga ditanami buah-buahan yg bisa panen secara berkala, terutama buah alpukat. Bisa petik sendiri. Selain alpukat ada jeruk, durian, dan lainnya. Harganya berapa? Tergantung buah musiman yang dipanen apa. 

Lawang punya banyak sekali potensi wisata yang bisa dikelola secara gotomg-royong dan hasil nantinya bisa dipakai untuk pengembangan desa bersama. Tertarik datang ke Tlogoland liburan nanti?

Post a Comment

23 Comments

  1. Masuknya murah ya ... tapi kalau petik buah, apakah buahnya dibayar? Kalau iya, berapaan, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Potonya kurang banyak kak..
    Penasaran kayak apa kolam renangnya. Eh di sini ada camping gak sih? Sayang kalo gak dimanfaatkan. Semoga Tlogoland ini semakin berkembang.
    Kangen wisata murah tapi berkualitas nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ya, setuju perlu nambah foto lagi. Keburu masuk deadline ngelist. Akan segera ditambahkan

      Delete
  3. Duh... rindu jatim... kok ada tempat sekeceh dan semurah itu... jadi pengen kesana... huhuhu

    ReplyDelete
  4. Waaah pemandanannya cantik, tiketnya murah.. ini mah idaman setiap orang.. wacana yang menarik ternyata tempat ini dikelola oleh warga sekitar.. tapi nggak kebayang organisasi dan sistem pendanaannya pasti nggak mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info dari teman yang kenal dengan "pemiik", awalanya dia menggunakan dana pribadi untuk mengolah. Turun tangan sendiri untuk membangun, ketika sudah mulai kelihatan wujudnya baru deh teman sekitar yang dulunya ga mau diajakin semangat ikutam. Anyway lahan yang digunakan ini lahan Perhutani. Kalo tidak salah sistem sewa atau ada izin mengelola begitu, tapi bukan hak milik juga sih

      Delete
  5. Indah banget viewing-nya, serasa segar.

    Semoga bisa ke Wonorejo suatu saat da main ke tlogoland

    ReplyDelete
  6. Tempatnya asri eh. Enak buat refreshing setelah suntuk kerja berhari-hari di kantor.

    ReplyDelete
  7. Ini aku banget, senang sama konsep ekowisata begini. Tiket murah, pemandangan indah. Yang utama dinikmati dengan senang hati. Lokasinya kece mba. Wah kalo dekat rumahku ini bisa bawa anak-anak kesana tiap weekend.

    ReplyDelete
  8. Cantik banget mbak.. Aku jadi kepo cari tahu tentang tlogoland. Tiketnya murah banget yak.. Aku masukin dalam daftar wishlist trmpat liburan kalau ke Malang ah. Makasih ya mba tulisannya.

    ReplyDelete
  9. Aku selalu tertarik dengan tempat wisata dengan area petik buah ❤ sepertinya seru!

    ReplyDelete
  10. Menarik ini, Mba. Di Sumatra Utara juga ada wisata petik buah. Sensasinya beda dari beli buah pasar 😂 suatu ketika klo ada rezeki ke Tlogoland, wisata ini nggak boleh dilewatin 😃

    ReplyDelete
  11. Mbaaak udah lama banget aku pgn kesana tapi ga sempet2 ya Allaah. medan kesananya enak ngga sih mba jalannya? hihi

    ReplyDelete
  12. Mupeng sama tempatnya..
    Masih asri banget yaa pemandangannya.
    Apalagi ada campingnya, pasti jadi tempat favorit anak-anak ini..

    ReplyDelete
  13. Paling Senang wisata alam sama kayak mbak Silvana. Berasa bisa menyejukkan pikiran ya mbak. Daripada wisata ke mall habiskan uang, hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah catet...
    Bisa singgah nanti pas mudik lebaran. Ngelewatin keknya.
    Tapi saya pengen potonya diperbanyak kak...
    Saya suka liat poto tempat wisata yang indah-indah

    ReplyDelete
  15. Petik buah on the spoy ini mirip juga seperti wisata ke kebun di Berastagi Sumatera Utara loh.
    Kita bebas petik jeruk, strawberry dan buah yang ready didalam kebun.
    Enak dan segar karena langsung makan setelah petik

    ReplyDelete
  16. Aaaaark. jadi pengen liburaaan. kapan terakhir kali aku pergi ke wisata alam macem ini yaaa. Apalagi ini di Malang. Bisa nih akhir tahun ke sini, *eh

    ReplyDelete
  17. Ini hemat banget tiket masuknya, padahal fasilitasnya enggak kaleng-kaleng. Noted, makasih infonya, pas nih lagi mudik Kediri, bisa wisata tipis-tipis ke Tlogoland ini

    ReplyDelete
  18. Tlogoland ini cocok banget buat destinasi liburan bawa anak-anak ya Mbak, mereka jadi bebas lari-larian di alam terbuka tanpa takut ada kendaraan. Ada area berkemahnya pula ya, keren

    ReplyDelete
  19. Lama banget aku ga jalan jalan ke luar kota. Baca tulisan mba jadi kangen liburan tapi kok belum memungkinkan. Pemandangan nya indah banget ya mbak

    ReplyDelete
  20. Pengen banget nih liburan ke tempat kayak gini mbak, seger di mata seger dipikiran juga kan hihihi eh apalagi ada kebun buah juha, hmm paket komplit

    ReplyDelete

advertise
advertise
advertise
advertise