5 Fakta Yoghurt, Check! - et cetera

Friday, September 10, 2021

5 Fakta Yoghurt, Check!


Siapa suka yogurt? Mungkin yogurt tak sepopuler susu karena rasanya yang asam. Karena alasan inilah, banyak ditemukan produk yogurt berupa minuman yang lebih encer dan ditambah dengan pemanis dan aneka rasa sehingga lebih "mirip" susu dan lebih mudah diterima pasar.

Sahabat tahu bagaimana yogurt itu dibuat?  Yogurt adalah produk olahan susu yang terbuat dari fermentasi susu. Bakteri yang digunakan untuk mengolah susu menjadi yogurt ini disebut kultur yogurt. Bakteri ini memfermentasikan laktosa, kandungan gula yang kita jumpai dalam susu. Dari proses pengolahan ini, asam laktat dihasilkan dan memberi cita rasa yang khas dan unik pada produk jadi yogurt. 

Cek lebih lanjut tentang yogurt yuk,

1. Jenis yogurt, ada yang wajib dihindari loh

Ada dua jenis yogurt yang sama-sama menyehatkan, yaitu yang terbuat dari susu skim yang bebas lemak dan ada juga yang terbuat dari susu biasa yang lebih tinggi lemak. Pada dasarnya yogurt bisa dibuat dari susu jenis apapun.

Jenis yogurt yang ketiga adalah yang sebisa mungkin dihindari. Yogurt yang biasanya dijual dengan tambahan gula, perasa buatan dan sejenisnya dianggap kurang sehat. Sementara yogurt tawar lebih banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.

Oh ya, sebagai tambahan yogurt ada yang mengandung probiotik tinggi, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena bakteri baiknya, dan ada juga yogurt yang proses pembuatannya menggunakan pasteurisasi. Ada proses pemanasan yang malah membunuh bakteri baik yang terkandung dalam yogurt.

2. Kandungan super WOW dari secangkir yogurt

Yogurt mengandung kalsium tinggi yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. 1 cangkir yogurt diklaim bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian sebesar 49%. Selain itu yogurt juga kaya akan vitamin B12 dan riboflavin (Vitamin B2) yang membantu mencegah sakit jantung.

Dari secangkir yogurt, mineral lain yang bisa diperoleh adalah fosfor sebanyak 38%, magnesium 12% dan potasium 18%. Mineral-mineral ini dibutuhkan untuk mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang. Wow banget kan untuk satu takaran saji? Artinya, dalam secangkir yang kita tegul sudah banyak skelai manfaat yang kita dapat.

3. Yogurt mampu menguatkan sistem imun tubuh

Ini adalah topik yang sedang viral di dunia. Segala sesuatu yang berkaitan dengan imunitas sangatlah menarik untuk diulas. Maklumlah, pandemi sedang menjangkiti. 

Mengonsumsi yogurt, dengan probiotik yang baik, secara teratur akan bisa memperkuat imun tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Probiotik terbukti mengurangi peradangan. Imunitas yang dibangun oleh yogurt ini disebabkan karena kandungan magnesium, selenium dan zinc nya memainkan peran penting dalam sistem imunitas tubuh. 

4. Penyeimbang Gula Darah

Yogurt mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Bagaimana ini bisa terjadi? Yogurt mudah diserap perlahan dalam usus. Akibatnya yogurt akan bekerja maksimalkan untuk menstabilkan gula darah. Ini terbukti pada yogurt yang terbuat dari susu murni.

5. Penjaga Jantung Sehat

Yogurt sangat baik dikonsumsi tiap hari. Minimal mengonsumsi dua takaran saji per minggu bisa menyehatkan jantung. Hal ini terjadi karena ternyata produk olehan fermentasi susu sangat baik untuk menyeimbangkan tekanan darah. Walhasil, jantung bisa bekerja maksimal tanpa ada penyumbatan yang biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. 

Lalu bagaimana cara konsumsi yogurt agar tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja? Sahabat, yogurt bisa diolah seperti berikut:
  • Ditambahkan topping, baik itu buah-buahan segar ataupun buah kering.
  • Ditambahkan pada smoothies dan es krim untuk mendapat rasa creamy yang menyehatkan.
  • Ditambahkan sebagai booster protein pada aneka jenis makanan dan reroti. Misalnya ditambakan pada waffle, panekuk, oatmeal dan lain sebagainya. 
Oh ya, pastikan memilih yogurt tanpa gula dan murni ya, bukan yoghurt drink yang sudah diberi aneka rasa dan teksturnya sangat cair,

Tetap sehat dan jaga kesehatan ya


Referensi
https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt
https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-surprising-benefits-yogurt-youd-want-know.html
https://www.wellandgood.com/yogurt-benefits/

Sumber gambar
Photo by Life Of Pix from Pexels