Fakta Ngidam, Baca Dulu Biar Tahu - et cetera

Monday, September 27, 2021

Fakta Ngidam, Baca Dulu Biar Tahu


Ngidam adalah sebuah keinginan kuat untuk makan makanan tertentu. Fenomena ini benar-benar ada dan sering terjadi pada masa kehamilan. Ngidamnya orang berbeda satu sama lain. Ada yang jadi ingin makanan yang umum dimakan, sampai makan makanan yang dulu sebelum kehamilan tidak disuka.

Bagaimana ngidam bisa muncul?

Sejauh ini belum ada penjelasan ilmiah tentang fenomen aini. Bisa jadi karena kurang vitamin dan mineral di masa kehamilan. Tapi faktanya tidak ada hubungan antara ngidam dan kurangnya nutrisi. Tak hanya urusan santap menyantap makanan, di masa kehamilan ngidam juga bisa membuat orang hamil benci pada aroma atau rasa tertentu dari makanan. Ini bisa jadi dipengaruhi oleh hormon yang bekerja selama masa kehamilan. 

Urusan Psikologis 

Ngidam menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika, terbukti tidak ada hubungannya dengan zat kimia atau apapun yang secara alami terjadi di dalam tubuh wanita hamil. Ngidam cenderung bernaung di sisi psikologis seseorang. Bukan karena pengaruh hormon X, Y, Z atau hal lain, tapi karena ini adalah sebuah obsesi kuat. Keinginan kuat untuk makan makanan tertentu ini awalnya muncul sekadar pikiran yang terlintas sesaat akan suatu jenis makanan. Lalu dari apa yang dipikirkan ini perlahan menjadi keinginan kuat untuk makan makanan tertentu.  

Pengaruh Budaya

Ngidam ternyata juga dipengaruhi oleh budaya atau kebiasaan masyarakat setempat loh. Konsep ngidam ternyata tidak ditemukan di semua negara loh Sahabat. Di Eropa mungkin yang namanya "food craving" alias ngidam pengen makan makanan tertentu ini bisa jadi muncul kapan pun bukan hany akarena hamil. Tapi di negara kita, dan di budaya kita, namanya hamil selalu diidentikkan dengan ngidam yang seger-seger, yang asem-asem dan lain-lain. Ingat kan, kalo biasanya ada wanita sedang hamil muda kemudian ibunya menyiapkan asinan atau rujak buah? Nah konsep ngidam saat hamil pun sangat berbeda tergantung budaya dan wilayahnya. Di Jepang misalnya, orang hamil biasanya ngidam makan nasi, mereka tidak ingin makan yang asem segar, padahal di budaya kita karena hamil biasanya mual maka cocoknya makan yang kecut, asem, segar. Sekali lagi ini karena perbedaan budaya dan kebiasaan. 

Makanan Orang Ngidam

Di Indonesia, tentu tergantung wilayahnya, makanan yang diincar bumil umumnya yang asam dan segar. Tetapi tidak menutup kemungkinan, makanan yang biasanya diinginkan adalah segala jenis makanan yang umum disantap, tapi diinginkan di waktu yang tak lazim. 

Saya ingat, ipar saya ingin makan lontong kupang di malam hari. Saya sendiri ingin makan makanan pedas hampir setiap hari. Semakin pedas semakin baik. Setelah 2 bulan kemudian acara makan pedas hilang, dan berganti dengan antimakan bakso. Bau bakso membuat saya enek. 

Bagaimana dengan warga dunia lainnya? Ternyata ini beberapa makanan yang diincar selama ngidam.

  • Acar, asinan versi bule, murah dan mudah didapat. 
  • Coklat, makanan yang membuat mood lebih baik karena kandungan tryptophan nya memicu serotonin di otak. Serotonin adalah zat yang mensekresi endorfin, ini yang akan membantu kita punya mood positif.
  •  Lemon, tidak dimakan mentah, tapi dicampur dengan air, asem segar.
  • Buah-buahan, aneka jenis, rasa manis dan segar kemungkinan besar memang jadi penangkal rasa enek.
  • Daging merah, aneka jenis daging yang berwarna merah akibat pigmen yang dimiliki oleh hewan tersebut. Misalnya daging sapi, daging kambing dll.
  • Produk susu, keju, yoghurt dan lainnya sangat kaya protein dan menyegarkan.

Menangkal Ngidam

Cara terbaik untuk mengatasi ngidam selama masa hamil adalah dengan mencukupi kebutuhan pangan harian. Tentunya dengan makanan yang sehat dan bergizi ya sahabat. Tidak meninggalkan sarapan, melakukan kegiatan olah raga secara rutin dan tentunya bumil mendapatkan dukungan emosional dari keluarga tercinta.

Jika ngidam sudah menyerang, coba untuk mengalihkan perhatian dan pikiran dari urusan perngidaman dengan berjalan-jalan, main game, mengunjungi teman atau kegiatan lain yang menyenangkan. Bagaimanapun kesehatan selama kehamilan adalah yang utama. Jika ngidam dituruti tapi makananannya kurang sehat dan ini berlangsung sering kali, tentunya akan kurang baik untuk kesehatan janin dan bumil. 

Kehamilan adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, setuju kan Sahabat? Maka silakan menuruti nafsu makan ngidam, asala jangan terlalu berlebihan. Sekali lagi, kesehatan janin adalah yang utama. Setuju ya? 




Referensi:

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/food-cravings-during-pregnancy

https://www.bbc.com/future/article/20200715-the-surprising-reason-why-pregnant-women-get-cravings

Photo by Tim Samuel from Pexels