Persiapan Menjelang Operasi Cesar - Bawa Apa Aja Ya? - et cetera

Monday, April 20, 2020

Persiapan Menjelang Operasi Cesar - Bawa Apa Aja Ya?

pexels.com



Teruntuk bumil newbie yang rencana kelahirannya cesar (selanjutnya disebut SC), saya bagi info apa saja yang perlu disiapkan ya. Ini terinspirasi dari teman yang mau lahiran tapi ga ada ide mau bawa apa ke rumah sakit untuk menyambut kelahiran ade bayi.

Nah karena saya punyanya pengalaman melahirkan secara SC , jadi saya ingat kembali apa saja yang saya bawa waktu lahiran setahun yang lalu. Oh ya, FYI ibu saya sudah meninggal, jadi murni pas lahiran saya sendiri sama suami. Mertua datang agak siangan mendekati waktu operasi tapi saya ga sempat ketemu sama sekali karena tertahan di ruang pasca operasi lumayan lama. Segala persiapan yang saya lakukan juga ga dapat perintah khusus dari ibu mertua sih. Pesannya yang standar-standar aja. Jadi bagi para bumil newbie yang ga ada ibu, atau jauh dari ortu, atau yang nasibnya kurang lebih sama ma saya, ini yang perlu disiapkan yaaaa

Siapin Mental

Untuk menghadapi operasi SC ini ya deg-degan. Siapa yang ngga. Apalagi pertama kali naik kemeja operasi. Saya sudah pernah ngantar kakak yang harus operasi juga tapi untuk ngangkat miom sih, jadi sebenarnya takut-takut gimana gitu.

Yang perlu dilakukan cuma banyak berdoa, trus pasrah, trus mikir kalo tim medis adalah orang yang sudah mumpuni di tugasnya, kita pasrah aja dan yakin mereka akan menjalankan tugasnya dengan amat sangat baik. 

Bercukur

Sebelum saya SC saya bertemu dengan petugas yang menjelaskan tentang bagaimana SC yang akan saya jalani. Petugas tidak minta saya untuk bercukur sih, tapi dari pengalaman kakak saya yang disuruh bercukur ya saya secara mandiri bercukur sih.

Tau kan bagian mana yang dicukur? Iya, bagian itu. Karena tar pas lahiran yang bagian ini yang dipasang kateter, dan perlu dalam keadaan bersih. Kalo ga salah kurang 2 atau 3 hari dari jadwal saya sudah bercukur bersih. Karena kalo kelamaan takut numbuh lagi hehehehe.

Pas sampai di ruang IGD sebelum operasi, perawat akan datang dan mencukur lagi sih. Memastikan semuanya bersih. Kan kalo kita udah cukuran sendiri jadi meringankan tugas mereka juga kan?

Puasa

Seperti layaknya tindakan operasi pada umumnya, pasien akan diminta untuk berpuasa. Kalo pengalaman kakak saya sih 8 jam idealnya. Saya pun seharusnyabegitu. Tapi karena info dari perawat kurang jelas, saya puasa dari jam 10 malam dan tiba di rumah sakit jam 7 pagi. Padahal jadwal operasi masih jam 13.00. 

Oleh perawat di bagian IGD saya diberitahu waktu puasa saya terlalu lama. Makanya saya kelaparan. Tapi karena nervous ya gimana lagi. 

Oh ya, puasanya benar-benar ga boleh makan dan minum ya. Seperti puasa pada umumnya.

Perlengkapan Ibu

Ini beberapa perlengkapan yang perlu dibawa pas lahiran ya:
  1. Buku KMS yang warna pink
  2. Daster / baju ganti (saya bawa 3 baju karena harus stay minimal 3hari di rumah sakit)
  3. Sandal (buat ke kamar mandi)
  4. Peralatan mandi plus handuk
  5. Pembalut (pake yang night super panjang atau pembalut khusus nifas)
  6. Underpad (ada yang disuruh beli sendiri oleh rumah sakit)
  7. Alat cukur (kalo diminta beli lagi, kasus saya perawatudah bawa pisau cukur. Kasus lain pisau cukurnya punya kita sendiri)
  8. Kantong plastikbuat baju kotor
  9. Pompa asi (saya ga bawa, di beberapa RS mungkin meminta ibu bawa untuk pompa asi
Oh ya, untuk perhiasan lebih baik dilepas semua di rumah. Jadi pas ke rumah sakit sudah polosan tanpa perhiasan, jam dll. Karena sebelum operasi kita pasti disuruh melepas itu semua termasuk kacamata.

Perlengkapan bayi

Untuk ade bayi ini yang saya bawa;
  1. Baju bayi 4 pasang
  2. Selimut bayi
  3. Bedong bayi 3 buah
  4. Kaus kaki, kaus tangan, dan topi bayi
  5. Popok bayi (saya pake yang instan)
  6. Sabun dan sampo bayi (ga semua rumah sakit menyediakan. Ada yang langsung nge-charge kita dengan aneka peralatan mandi bayi, ada yang kita bawa sendiri semuanya)
  7. Wadah ari-ari (ini urusan suami yang urus, ibu terlalu lemah dan masih terkapar kena bius ga bisa ngurus ari-ari)
  8. Selendang buat gendong bayi
  9. Botol susu (kalo perlu aja, kasus saya rumah sakitnya pro-ASI, jadi ga ada botol susu yang dipakai).
  10. Minyak telon
Untuk gurita bayi tidak lagi diperlukan ya. Ini malah sekarang dilarang, karena dianggap berbahaya buat bayi, ga bagus untuk kesehatannya. Bayi harus bergerak dengan bebas ga perlu diiket sana-sini biar rapet dan biar badannya kebentuk. Ini hanya mitos ya.

Nah secara garis besar cuma 4 hal ini yang wajib disiapkan. Sementara untuk dokumen pendukung selama CS baik yang pakai BPJS atau ngga, kurang lebih ini yang perlu dibawa ya:
  1. Surat pengantar ke IGD
  2. KTP asli dan fotokopi (bawa 10 fotokopian kalo perlu)
  3. Kartu BPJS asli dan fotokopi (bawa 10 fotokopian kalo perlu)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Buku KMS (warna pink)
Jika ada barang-barang lain yang perlu dibawa semisal HP dan charger ya monggo dimasukkan ke dalam list sendiri-sendiri ya hehehe. Santai aja menghadapi SC, mau ga mau dijalani aja. Toh semuanya untuk kesehatan ibu dan bayi kan? 

Kira-kira saya terlupa barang apa untuk dibawa ya? Boleh share di kolom komentar ya

 

2 comments

  1. Huaaa.. membantu sekalii.. asli.. bingung mau bawa apa dan harus gimana... Hihihi..
    Di tunggu tulisan selanjutnya..
    Mungkin cara merawat bayi baru lahir di rumah.. atau hal-hal yang oerlu di beli untuk persiapan menyambut adek bayi.. ☺️☺️ krn ibu baru sukanya kalap mau beli ini itu.. wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungan ke blog ini, dan makaci juga masukan untuk topik blog selanjutnya xoxoxo

      Delete