Negara Dubai? Baca Dulu Biar Ga Salah Paham. - et cetera

Friday, February 14, 2020

Negara Dubai? Baca Dulu Biar Ga Salah Paham.

https://globalizationpedia.com/


Dubai memang naik daun sekitar 10 tahun terakhir atau lebih. Perkembangan media sosial membuat namanya makin tersohor. Orang banyak mengenal karena kehidupan warganya yang high class, wilayah yang modern, dan juga penguasa wilayah yang keturuannya ganteng-ganteng…ehem.
Saking terkenalnya, di acara TV nasional yang konsep acaranya membahas peringkat hal-hal yang ter…sedunia menyebut Dubai sebagai negara. What? Sahabat, Dubai itu bukan negara ya. Trus apa dong?

Nah biar salah pahamnya ga bablas, maka please baca pelan-pelan, sambil nyemil terus tetep fokus ke layar he he. Sahabat perlu paham dulu tentang sebuah negara yang bernama Uni Emirat Arab. Kiranya Sahabat perlu tahu kata “uni” artinya gabungan. Jika dulu ada Uni Soviet yang merupakan sebuah negara kesatuan dibentuk dari 14 Republik Sosialis Soviet, maka Uni Emirat Arab adalah sebuah kesatuan dari 7 emirat menjadi sebuah negara.

Emirat Itu Apa

Kalo Sahabat sudah tahu arti kata uni (union) pada nama sebuah negara, maka pada nama negara Uni Emirat Arab yuk kita kupas apa arti “emirat”.

Emirat (Emirate) itu adalah sebuah wilayah a bagian yang yurisdiksinya dikepalai oleh seorang Emir. Emirat menggambarkan harga diri, wilayah kerja, dan juga kualitas seorang Emir. Jadi, ada wilayah politik yang dipimpin oleh seorang Emir yang lahir dari dinasti Arab beragama Islam. Sang pemimpin, Emir, bisa raja, pangeran, atau seorang gubernur.

 Apa Itu Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) adalah sebuah negara berdaulat yang merupakan negara kesatuan dari 7 emirat. Jadi, adalah sebuah negara kumpulan dari 7 emirat yang membentang dari ujung tenggara Semenanjung Arab. negaranya terletak di antara Oman dan Arab Saudi.

Pada tahun 1971, dalam perjanjian dengan Inggris Raya 6 negara bagian atau yang bisa kita sebut juga sebagai kota (city/state) bergabung dan bersatu membentuk UEA. Disusul tahun selanjutnya, pada tahun 1972, wilayah yang ke 7 bergabung sehingga total ada 7 wilayah emirat sebagai berikut:

  1. Umm al-Quwain.
  2. Ajman.
  3. Dubai.
  4. Ras Al Khaimah.
  5. Abu Dhabi.
  6. Fujairah.
  7. Sharjah.

Karena sebuah negara maka pasti ada pemimpin negaranya. Nah presiden UEA adalah Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Syeh Khalifa menjadi presiden pada 3 November 2004 menggantikan ayahnya yang wafat yaitu Zayed bin Sultan Al Nahyan


Para Pemimpin Emirat



Ini nih yang disebut raja-raja Arab yang sebenarnya. Mungkin Sahabat berpikir raja di Arab itu ya yang pernah mengunjungi Indonesia dan liburan ke Bali. Para emir berikut ini adalah pemimpin di tiap emirat. Cekidot yuk.

1. Emir Umm al-Quwain

Emir Umm al-Quwain adalah Sheikh Saud bin Rashid Al Mualla. Lebih dikenal sebagai Sheikh Saud, beliau memmimpin Emirat  Umm Al Quwain sejak 2009 dan menjadi anggota Dewan Tertinggi Federal di UEA.

2. EmirAjman

Emirnya adalah Sheikh Humaid bin Rashid Al Nuaimi III . beliau adalah pemimpin ke 10 di Ajman dan menjadi anggota Dewan Tertinggi Federal UEA.

3. Dubai

Emir Dubai adalah Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum yang juga seorang perdana menteri dari UEA.


4. Emir Ras Al Khaimah

Emirnya adalah Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi


5. Emir Abu Dhabi

Emir AbuDhabi adalah sang presiden UEA yaitu Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

6. Emir Fujairah

Emir Fujairah adalah Syekh Hamad bin Muhammad Al Sharqi, yang berkuasa sejak kematian ayahnya pada 1975. Menariknya, sang syekh menggaji dirinya sendiri lewat bisnis yang dijalankannya. Sementara itu uang atau dana pemerintah digunakan untuk pembangunan rumah bagi warga dan untuk mempercantik kota. Jadi terkadang yang murni uang pemerintah dan uang pribadi bercampur dan tak nampak. Widiih kaya banget nih.

7. Emir Sharjah.

Emir Sharjah adalah Sultan bin Muhammad Al-Qasimi,yang baisa dikenal sebagai Sheikh Sultan III. Beliau juga menjadi anggota Dewan Teringgi Federal UEA.


Jadi Dubai Itu Negara Apa Bukan?

Bukan dong! Negaranya adalah UNI EMIRAT ARAB. Dubai hanyalah sebuah wilayah yang dipimpin oleh seorang Emir di bawah negara kesatuan UEA. Jadi ingat ya, Dubai itu bukan sebuah negara.

Okelah, semoga penjelasannya bisa membuka mata batin, eh membuka wawasan Sahabat semua biar ga salah lagi menganggap Dubai adalah sebuah negara. Cerita tentang kemewahan negara Uni Emirat Arab dan aneka fakta menarik di dalamnya akan saya kupas lebih lanjut di postingan lain ya.




 Referensi



3 comments

  1. Baru ngerti. Kupikir dubai juga sebuah negara, sebelumnya. Terimakasih untuk pencerahannya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete