Gonjang-Ganjing Kerajaan Baru, Yang Ini Asli Bukan Abal-Abal - et cetera

Thursday, February 13, 2020

Gonjang-Ganjing Kerajaan Baru, Yang Ini Asli Bukan Abal-Abal


https://bit.ly/2SImVkU

Geger Munculnya Kerajaan Baru

Semua pasti sudah tahu betapa hebohnya huru-hara kerajaan baru yang bermunculan di Indonesia awal tahun ini. Penampilan raja dan ratu serta pasukannya aneka rupa, apalagi pengikutnya. Klaim keabsahan secara de facto pun macam-macam. Apapun klaim yang dipakai, mulai dari yang aneh, sampe aneh banget, keberadaan kerajaan-kerajaan baru ini cukup menyita perhatian. Buat saya pribadi sih hiburan, lumayan daripada gosip artis yang begitu-begitu aja  >.<

Sahabat pasti tahu, di Indonesia masih banyak kerajaan dengan anggota kerajaan alias royal family yang masih ada. Tapi, kerajaan-kerajaan ini tidak punya kekuasaan dan kedaulatan baik dalam wilayah maupun dalam menjalankan pemerintahan. Nah, di dunia sebenarnya ada berapa kerajaan sih? Apakah mereka punya kekuasaan atas wilayah suatu negara atau sama seperti kebanyakan kerajaan di Indonesia yang tunduk pada pemerintah pusat nasional?

Dari hasil uplek-uplek di beberapa sumber, ini dia daftar kerajaan di dunia. Tapi sebelum lihat daftarnya, perlu Sahabat pahami dulu ya pembagian kerajaan-kerajaan dunia ini.

Jenis Pemerintahan Monarki di Dunia


Monarki alias Kerajaan dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu
  • Monarki absolut
  • Monarki konstitusional
  • Monarki persemakmuran
  • Monarki dalam negara (tradisional)

Monarki Absolut

Monarki Absolut adalah bentuk kerajaan di mana pemimpn kerajaan berkuasa penuh. Kekuasaannya tidak dibatasi oleh hukum tertulis, peraturan perundang-undangan dan adat -istiadat yang berlaku. Jadi sepenuhnya raja atau ratu atau siapapun yang dianggap sebagai pemimpin kerajaan benar-benar berkuasa dalam menentukan bagaimana negara dijalankan.

Dulu semua kerajaan di dunia bentuknya adalah monarki absolut. Semenjak Revolusi Prancis, banyak kerajaan yang kemudian mengubah absolutisme kerajaan menjadi pemerintahan berkedaulatan rakyat.

Kerajaan yang masih memegang kekuasaan secara absolut adalah Brunei Darussalam, Eswatini, Oman, Saudi Arabia, dan Teritori Politik (Emirat) yang bersatu menjadi Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab ini sendiri dianggap sebagai Monarki Federal, karena terdiri dari beberapa bagian wilayah politik. Tetap saja kerajaan berkuasa absolut.

Monarki Konstitusional

Monarki Konstitusional tentu saja berkebalikan dengan monarki absolut. Di sistem ini kekuasaan dan kedaulatan kerajaan berlaku sesuai dengan undang-undang baik yang tertulis maupun tak tertulis. beberapa negara monarki konstitusional yang ada di dunia adalah Monako, Yordania, Kuwait dan Bahrain.

Sementara itu, beberapa kerajaan lain di dunia tidak memiliki otoritas formal alias tidak punya kekuasaan formal. Pemimpin negara adalah perdana menteri, kerajaan hanya sebagai simbol. Kerajaan-kerajaan ini adalah Inggris, Spanyol, Belgia, Swedia, dan Jepang.

Kerajaan Persemakmuran (Commonwealth Realm)

Ini adalah negara berdaulat yang kepemimpinannya di bawah Ratu Elizabeth II. Jadi Sri ratu berkuasa atas negara-negara ini dan juga ratu sebagai kepala negaranya. Ini menarik loh, karena di Inggris kerajaan "rumah" nya ratu, beliau tidak berkuasa di negaranya. Beliau dan kerajaannya hanya sebagai simbol, walaupun beliau punya kekuasaan untuk masuk parlemen.

Jadi masing-masing kerajaan ini adalah semacam kerajaan independent di bawah kerajaan Inggris. Nah lo. Sampai tahun 2020 ada 16 kerajaaan persemakmuran. Negara-negara ini adalah Antigua dan barbuda, Australia, Kepulauan Bahama, Barbados, Belize, Canada, Grenada, Jamaika, Selandia Baru, Papua Nugini, Saint Kitts dan Nevis, Santa Lusia, Santa Vincensius dan Grenadin, Kepulauan Solomon, Tuvalu, dan Kerajaan Inggris sendiri.

Jadi ke 16 negara tersebut nama kerajaannya adalah Monarki xxx alias, negara Antigua dan Barbuda menjadi Monarki Antigua dan Barbuda, Australia adalah Monarki Australia , Selandia Baru adalah Monarki Selandia Baru dan seterusnya.

 Monarki Subnasional

Monarki Subnasional adalah sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh pemerintah nasional, kerajaan-kerajaan berada di bawah kekuasaan pemerintah nasional ini. Contohnya ya di negara kita sendiri, di Indonesia. Tahu kan kesultanan Yogya, Solo dan banyak kerajaan lainnya?  Kerajaan-kerajaan ini tidak berkuasa atas apapun, tidak membuat peraturan dan juga tidak ikut dalam pemerintahan, sepenuhnya mengakui kekuasaan pemerintah pusat.

Dalam hal Sultan Yogya yang menjadi gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, beliau memang bisa membuat regulasi dan usulan lain pada pemerintah pusat. Tapi beliau melaksanakan kekuasaanya sebagai gubernur, bukan sebagai sultan karena pengakuan kedudukannya diberikan oleh pemerintah pusat.

Selain di Indonesia, ada banyak sekali negara dengan monarki subnasional. Kerajaan-kerajaan di Malaysia contohnya, ada Kerajaan kelantan, Pahang, dan lainnya. Begitu juga dengan banyak kerajaan di benua lain.

Menarik untuk diketahui, ternyata dalam sistem kerajaan modern, monarki dibagi dikelompokkan baik secara geografis, maupun karena sifat atau keunikannya sendiri. Pembagiannya adalah seperti berkut:

Monarki Modern

1. Monarki Persemakmuran (sudah dibahas sebelumnya)

2. Monarki Konstitusional Eropa 


Terdiri dari Inggris, Andora, Belgia, kerajaan Denmark, Luxembourg, belanda, Norwegia, Spanyol dan Swedia.


3. Monarki Campuran

Liechtenstein dan Monako adalah contoh dua kerajaan yang jenisnya konstisional monarki tetapi pemimpin kerajaannya bisa menggunakan kekuasaan dan ini dilegalkan oleh undang-undang.

4. Monarki Muslim,

Sesuai nama monarki-monarki ini adalah kerajaan Islam. Kerajaan-kerajaan yang mayoritas Arab ini, dikenal sebagai kerajaan yang sistem pemerintahannya stabil walau absolut. Tidak terjadi pergolakan untuk protes atas kekuasaan mutlak raja, dan juga tidak pernah berubah bentuk dari awal kerajaan berdiri sampai sekarang di era modern.

Kerajaan ini contohnya adalah Bahrain, Brunai, Yordan, Kuwait, Maroko, Oman, Qatar, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Kerajaan-kerajaan ini dianggap punya kekuatan yang jauh lebih besar dan lebih kuatd ibanding kerajaan-kerajaan di Eropa, termasuk Kerajaan Inggris yang wara-wiri di berita nasional sampai berita hiburan. 


5. Monarki di Asia Tenggara dan Asia Timur 

Contohnya adalah Kerajaan Bhutan, Kamboja, Jepang, dan Thailand. Sebagai catatan ketiga kerajaan ini berubah status dari zaman awal didirikan. Ada yang berubah dari absolut monarki ke konstitusional. jepang sendiri sesuai konstusi negara tahun 1947 tidak punya kaisar sebagai pemimpin negara, tapi keberadaan monarki tetap diakui secara de facto.


6. Monarki Lain. 

Monarki-monarki ini tidak masuk dalam lima kategori yang sudah disebutkan. Beberapa kerajaan tersebut adalah:
  1. Kerajaan Tonga di Polynesia
  2. Kerajaan Lesotho di Lesotho Afrika bagian Selatan
  3. Kerajaan Swaziland, dianggap sebagai diarki karena ada dualisme kepemimpinan. rajanya, Ngwenyama memimpin bersama ibunya. tapi secara umum raja Ngwenyama bertugas sebagai kepala pemerintahan negara sementara sang ibu sebagai kepala spiritual dan kepala negara.
  4. Pemerintah Militer Berdaulat Malta (Sovereign Military Order of Malta) adalah sebuah kerajaan yang dipimpin oleh pangeran dan seoramg grand master.
  5. Vatikan, dianggap sebagai sebuah ekrajaan dengan paus sebagai pemimpinnya yang juga pemimpin Gereja Katolik roma sedunia. uniknya, Paus tidak harus warga negara Roma. Paus bisa jadi warga negara dari manapun, jika dipilih oleh para Kardinal maka Paus kemudian menjadi pemimpin sebuah negara dan kerajaan bernama Vatikan. Jadi, suatu saat bisa saja orang Indonesia jadi raja sedunia jika terpilih menggantikan Paus.
  6. Korea Utara, sebenarnya Korut bukan sebuah kerajaan, tapi sejak tahun 2013 dibuat undang0undang yang menyatakan bahwa pemimpin negara haruslah dari marga Kim. Maka hal ini dianggap sebagai sebuah kekuasaan kerajaan absolut yang punya aturan di atas undang-undang negara dan bersifat absolut.

Nah, menarik kan pembahasan tentang kerajaan-kerajaan dunia ini? Yang jelas ini bukan abal-abal dan ngasal ya. Keberadaan kerajaan-kerajaan ini sudah berlangsung ratusan tahun dan bersifat turun-temurun. Dengan berbagai ciri khas pada jenis kerajaan, maka pembahasan selanjutnya tentang kerajaan modern dan sejarah kerajaan sepertinya asyik untuk dikupas.

Atau mungkin perbedaan antara kekaisaran dan kerajaan? Kan awal tahun muncul juga Kekaisaran Sunda alias Sunda Empire yang entah bagaimana sepertinya di atas Kaisar China yang jelas-jelas dipilih oleh langit. Beda langit kali ya? Hehehe
Okelah, semoga bermanfaat ya Sahabat.


Referensi:
https://www.britannica.com/topic/monarchy/Monarchy-in-the-modern-era
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_current_monarchies
https://en.wikipedia.org/wiki/Absolute_monarchy
https://en.wikipedia.org/wiki/Constitutional_monarchy


1 comment

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete