Yuk, Pahami Konsep dan Desain Interior untuk Bisnis Coworking Space - et cetera

Tuesday, January 28, 2020

Yuk, Pahami Konsep dan Desain Interior untuk Bisnis Coworking Space

sumber Google



Bisnis coworking space kini tengah naik daun. Hal ini bisa dilihat dari mudahnya coworking space ditemukan. Namun, sebaiknya ketahui 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum merintis bisnis coworking space. Salah satu diantaranya yaitu dengan menyiapkan desain interior untuk bisnis coworking space.

Pasalnya, desain juga merupakan salah satu elemen yang harus diperhatikan saat merintis bisnis coworking space. Tidak jarang konsumen memilih coworking space berdasarkan desainnya. Namun, sebelum memahami bagaimana tips desain interior untuk bisnis coworking space, pahami dulu konsepnya. Hal ini akan membantu dalam memutuskan desain yang pas untuk sebuah coworking space.

Konsep Coworking Space

Coworking space atau ruang kerja yaitu berarti tempat berbagai individu bekerja di suatu tempat. Dengan begitu, coworking space berarti digunakan untuk banyak individu. Oleh karena itu, konsep dari coworking space itu sendiri adalah konsep sharing atau berbagi,
Coworking space juga kerap digunakan sebagai ‘kantor’, maka di dalam coworking space juga akan ada beberapa ruangan. Selain itu, ada pula bilik-bilik yang dapat digunakan untuk bekerja. Namun, terlepas dari itu semua suatu coworking space harusnya memiliki kesan hommy dan juga nyaman.
Hal ini tentunya berkaitan dengan produktivitas kerja dan meningkatkan konsentrasi para konsumennya. Maka, konsep ini juga penting diketahui karena akan mempengaruhi desain interior untuk bisnis coworking space itu sendiri.

Tips Desain Interior untuk Bisnis Coworking Space

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa konsep yang diusung dari coworking space adalah konsep terbuka. Namun, meskipun begitu harus tetap mengedepankan sisi kenyamanan dan estetika ruangan. Oleh karena itu dibutuhkan tips desain interior untuk bisnis coworking space. Jika penasaran soal tips desain interior pada bisnis ini, berikut ulasannya:

1.     Pilihlah Dinding yang Kedap Suara

Meskipun konsep coworking space adalah konsep terbuka, namun di dalamnya pasti ada ruangan khusus yang dapat digunakan secara berkelompok. Ruangan tersebut tentunya disekat menggunakan dinding. Maka, lebih baik gunakan dinding yang kedap suara agar konsumen semakin nyaman, tetap fokus dan berkonsentrasi.
Pasalnya, biasanya coworking space digunakan oleh banyak orang sehingga ada kecenderungan bahwa suasananya akan bising. Cobalah dengan menggunakan bahan karpet yang melapisi dinding dan lantai. Karpet dinilai mampu meredam suara yang bising dari luar ruangan. Hal ini tentunya penting ada di ruangan coworking space agar tidak mengganggu konsentrasi dalam bekerja.

2.     Sesuaikan Interior dengan Gaya yang Diusung

Dengan banyaknya coworking space, maka dibutuhkan ide baru dalam merintis bisnis ini. Misalnya yaitu mengusung gaya yang unik dan juga berbeda daripada coworking space lainnya. Misalnya, kini akan lebih mudah menemukan konsep coworking space yang bergaya Scandinavian atau Industrial. Tentunya gaya tersebut akan mempengaruhi desain interior dalam suatu coworking space.
Misalnya, apabila coworking space yang akan dirintis ingin bergaya Scandinavian, berarti furniture yang digunakan biasanya minimalis. Warnanya pun khas, yaitu putih, cokelat muda, hitam, atau abu-abu. Oleh karena itu, cobalah untuk menentukan dulu gaya apa yang ingin diusung dalam sebuah coworking space. Setelah itu, baru bisa menentukan desain interiornya.

3.     Tambahkan Sentuhan Informal pada Desain

Coworking space biasanya memiliki konsep yang dinamis dan juga santai. Oleh karena itu, diusahakan untuk setiap desainnya tidak terlalu kaku dan menambahkan sentuhan informal. Sentuhan informal tentunya akan memancarkan suasana ruangan yang lebih ‘millennial’ dan juga kekinian. Cocok dengan coworking space yang biasanya digunakan oleh kaum muda.
Cara yang bisa ditempuh yaitu dengan menempatkan benda-benda yang memiliki warna yang mencolok di dalam ruangan. Misalnya, menambahkan beberapa bean bag yang berwarna-warni di suatu ruangan. Jika suka dengan hiasan dinding, bisa juga menambahkan artwork yang artsy dan penuh warna yang semangat.

4.     Maksimalkan Cahaya

Tips penting dalam mendesain interior untuk ruangan coworking space yaitu maksimalkan cahaya. Pasalnya, cahaya sangat penting agar ruangan semakin nyaman digunakan untuk melakukan beragam aktivitas. Ada dua sumber pencahayaan yang bisa dipilih, yaitu sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan.
Untuk sumber cahaya buatan, dapat menambahkan beberapa lampu gantung dengan model yang sesuai gaya yang diusung. Kemudian, untuk sumber cahaya alami dapat memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke ruangan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki banyak jendela kaca atau ventilasi dalam suatu bangunan coworking space.

5.     Tambahkan Sentuhan Alam

Coworking space tentunya membutuhkan suasana yang segar untuk meningkatkan produktivitas kerja, Oleh karena itu, cobalah untuk menambahkan sentuhan alam di dalam coworking space. Misalnya, menambahkan beberapa tanaman hidup yang cocok hidup di dalam ruangan, seperti kaktus, lidah mertua, dan pakis-pakisan.
Adanya warna hijau pada tanaman hidup tersebut juga membuat suasana semakin hidup. Selain itu, tanaman hidup juga dapat digunakan sebagai peredam suara. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari tahu kira-kira tanaman hidup apa yang sesuai dengan desain interior yang akan digunakan.
Itulah konsep dan juga tips desain interior untuk bisnis coworking space yang patut untuk diketahui. Cobalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya soal gaya apa yang ingin diusung dalam coworking space yang akan dirintis. Selain itu, jika ingin mengetahui soal apa saja yang harus dipersiapkan dalam bisnis coworking space, bisa klik link berikut: