Goobye Kobe! 5 Fakta Kematian Kobe Bryant - et cetera

Monday, January 27, 2020

Goobye Kobe! 5 Fakta Kematian Kobe Bryant



Kobe Bryant bersama L.A Lakers
Sumber: The New York Times


Suatu masa pas SMP dulu, bola basket booming di kalangan remaja. Penyebabnya tentu saja adalah siaran langsung NBA yang ditayangkan RCTi dan lagu-lagu hip-hop dan rap dengan jersey basket pun turut menggila.

Saya ingat sekali ketika tabloid olah raya seperti BOLA dan GO (keduanya sudah lamarhum) diisi banyak reportase tentang pertandinga basket dari liga terpopuler sedunia, NBA. Nama beberapa pemain lekat di ingatan saya sampai sekarang walaupun saya tak pernah nonton satu pertandingan pun.

Nama besar seperti Michael Jordan, Dennis Rodman, Shaquille O’Neil, dan Kobe Bryant adalah bukti betapa kuatnya NBA menggelora di saat itu. Bahkan yang tak pernah nonton seperti saya pun “terpapar” kepopuleran nama-nama besar tersebut.

Yang mengejutkan adalah Minggu 26 Januari 2020 , berita duka datang dari Kobe Bryant yang berpulang karena kecelakaan helikopter. Ini beberapa fakta tentang peristiwa nahas ini.


1. Kobe Bryant Tewas Bersama Orang Terkasih

Kobe Bryant adalah salah satu penumpang dan 9 penumpang lain dalam perjalanan helikopter ke tujuan yang sampai saat ini tidak diutarakan ke media. Anaknya, Gianna, 13 tahun turut tewas bersama sang legenda. Helicopter jatuh di bukit di daerah Calabasas, Calif di lokasi yang sulit dijangkau oleh tim penyelamat. Pilot turut tewas dalam kecelakan ini.


2. Cuma 10 Mil Helikopter Sudah Jatuh

Lokasi Jatuhnya Pesawat

Helikopter jenis Sikorsky S-76B buatan tahun 1991 lepas landas dari John Wayne Airport jam 9:06 pagi waktu setempat Minngu pagi. Helikopter terlihat berputar-putar di sekitar wilayah Glendale. Helikopter jatuh hampir pukul 10 pagi dekat Las Vergenes Road dan Willow Glen Street di Calabasas. Panggilan darurat 911 diterima sekitar jam 9:47 pagi. Saat tim pemadam tiba helikopter telah menghanguskan sekitar seperempat hektar lahan. Total perjalanan helicopter baru sekitar 10 mil


3. Misteri Kecelakaan

Sampai berita dilansir banyak media, tujuan kedatangan helikopter masih misteri. Rumor yang berkembang adalah Bryant akan menuju ke sebuah akademi tempat dia melatih anaknya. Akademi ini bertindak sebagai tuan rumah turnamen basket putra dan putri bertajuk Mamba Cup Tournament Series yang ditujukan untuk siswa kelas tiga sampai 8. Semua pertandingan dibatalkan untuk menghormati almarhum.
Penyebab kecelakana juga masih misteri dan belum ada penjelasan pihak terkait ke publik.


4. Grammy Awards Berduka

Pembawa acara Grammy Awards Alicia Keys mengenang almarhum dengan memberikan penghormatan terakhir lewat lagu It's SO Hard To Say Goodbye to Yesterday yang dulu dipopulerkan oleh Boyz II Men. Grammy Awards digelar di Staples Arena, tempat Kobe Bryant bersama timnya LA Lakers menorehkan banyak prestasi dan sejarah penting.


5. Sang Legenda dan Warisannya

Bryant direkrut NBA setelah lulus SMA tahun 1996. Dia dijuluki All-Star selama 18 musim dari 20 musim bersama La Lakers. Ia membantu timnya 5x menjadi juara NBA. Prestasi lain seperti NBA Most Valluable Plyaers disaetnya di musim 2007-2008.Setelah dilanda cedera serius, di tahun terakhirnya bermain, 2016 ia masih bisa mengumpulkan 60 poin walau secara mengejutkan timnya kalah dari Utah Jazz.


Kisah tragis dari Kobe Bryant ini semoga bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Kematian bisa datang kapan pun juga. Yuk bersiap :)