Sapu Bersih Halaman Ponsel dengan Google Files - et cetera

Wednesday, October 2, 2019

Sapu Bersih Halaman Ponsel dengan Google Files




Ketika nonton YouTube seringkali sebal karena iklan nongol di tengah-tengah acara. Salah satu iklan yang sering muncul saat ini adalah Google Files. Saya sebenarnya baru tahu iklan ini adalah Google Files karena semalam ketika nonton kanal YouTube bapak-bapak tentara Kostrad, Jambul Ijo, saya tidak skip iklannya. Sebutan kerennya ASIK, Anti Skip Iklan hehe.

Sengaja tidak skip iklan karena kanal si bapak sangat menyentuh dan inspiratif jadi saya biarkan saja iklannya. Dengan menonton iklan maka pemilik kanal akan dapat uang. Uangnya insyaAllah mereka gunakan untuk membantu orang-orang yang kesusahan. Nonton channelnya langsung saja yuk dengan klik di sini.

Nah iklan yang saya tonton ini  awal adegannya pasangan muda-mudi sedang foto bersama dan gagal foto  gara-gara memori penyimpanan gadget tidak cukup. Ternyata iklan tersebut adalah iklan Google Files. Saya yang berkali-kali skip iklan ini di channel YouTube lain, sampai akhirnya menonton sampai habis di channel YouTube Jambul Ijo dan kemudian langsung install.

Kenapa install? Alasannya sederhana, ponsel saya sudah mulai lemot, memori terpakai banyak, dan perlu aplikasi pembersih files tak berguna. Sebenarnya dulu sudah pernah punya aplikasi serupa, tapi menurut saya tidak bekerja dengan baik. Kurang sreg aja. Dan ketika ganti ponsel dengan yang sekarang saya pakai, sebenarnya saya tidak pernah menginstal aplikasi pembersih files. Hal ini karena sudah ada aplikasi serupa di gadget saya, tapi sekali lagi sepertinya bekerja kurang maksimal.

Terpikat dengan nama Google pada aplikasi Google Files, saya punya keyakinan bahwa aplikasi ini pasti bukan abal-abal karena dikembangkan oleh Google. Maka saya install, dan baru saja saya coba fiturnya. Menarik loh. Oke, saya suka dengan aplikasi ini.

Untuk pengguna ponsel yang tidak terlalu paham dengan dunia IT Google Files memberitahukan dengan jelas bagaimana file dibersihkan. Misal ada bagian aplikasi yang eprlu diupdate untuk mengurangi beban memory. Lalu, file yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp, dan aplikasi lain. Meme pun juga diklasifikasi oleh Google Files sehingga bisa dipilih mana yang disimpan dan dibuang. Bahkan ternyata stiker yang dibagikan di WhatsApp juga berpotensi mengandung stiker yang besar ukuran filenya, jadi membebani memory ponsel. Google Files juga mengelompokkan jenis file seperti ini. Wah keren nih.

Saya kaget juga, ternyata banyak file yang tidak berguna dan masih tersimpan di memory ponsel saya. Padahal sejauh saya lihat di galeri tidak ada lagi file tersebut. Nah sesuai iklannya, Google Files menggolongkan jenis file dan kemudian menawarkan pada pengguna unuk memilih menghapus atau tidak.


Oke, saya suka sekali dengan aplikasi ini. Aplikasi ini juga gratis, dan semoga selamanya gratis. Tampilannya clean dan justru inilah yang membuat saya suka dengan Google. Selalu punya tampilan yang bersih, mudah, dan sangat jelas instruksinya untuk dipahami.

Oh ya, awal saya buka aplikasi ini saya sudah menggunakan sekitar 29 GB dari 32 GB kapasitas memori pada ponsel. Saya ikuti langkah demi langkahnya, sekitar 5 jenis kumpulan file sudah saya cek dan  2 GB sudah berhasil ditambahkan dalam memori saya. Pasti ponsel saya bisa sedikit bernapas lega nih hehehe.

Apa aplikasi pembersih file pilihan Sahabat? Bagi ceritanya dong.


3 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete