10 Manfaat Minum Banyak Air Putih - Pengingat Agar Sehat - et cetera

Wednesday, August 14, 2019

10 Manfaat Minum Banyak Air Putih - Pengingat Agar Sehat

Photo by rawpixel.com from Pexels

Sahabat, tubuh harus selalu terpenuhi asupan cairannya. Salah satunya adalah dengan masukan air sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Mengapa ini penting? Karena 60% dari tubuh kita terdiri dari air, maka jangan sampai tubuh kekurangan cairan.
Apa saja sih manfaat minum air untuk tubuh? Manffat tersebut antara lain:

1. Pelumas sendi
Tahukah Sahabat bahwa. tulang rawan dan tulang belakang 80% nya adalah air? Kekurangan air bisa membuat nyeri di sendi.

2. Pembentuk liur
Air liur dan ludah produksinya dipengaruhi oleh input air minum. Fungsi keduanya menjaga mulut, hidung, dan mata kita tetap lembab loh. Karenanya jika kita kurang minum, pasti mulut terasa kering dan meludah saja susah. Iy kan?

3. Kurir Oksigen
Air juga bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Caranya? Darah yang berisi oksigen ini perlu dialirkan ke seluruh tubuh, nah air adalah pengantarnya. Jadi jika kurang air bisa pasti mengakibatkan pusing, akrena oksigen tak samopai ke otak.

4. Percantik Kulit
Kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh air minum. Makin banyak, makin emmbuat kulita kenyal. Ketika dehidrasi menyerang maka kulit akan terasa kering dan mudah keriput.

5. Pengatur Suhu Tubuh
Air disimpan di lapisan tengah kulit. Ketika tubuh kita naik suhunya, alias memanas, bisa jadi karena olah raga, terik matahari dan lainnya, maka air dikeluarkan dalam bentuk keringat. Ketika air menguap, keluar sebagai keringat, maka tubuh akan mendingin.

6. Pembantu Sistem Cerna
Sistem pencernaan sangat butuh air. Kurang air bisa menyebabkan sembelit dan naiknya sam lambung. Saya jadi inbgat apa yang terjadi pada bapak sya. Karena stroke dan kurang minum air BAB bisa cuma seminggu skeali loh. Akibatnya perut bagian bawah membengkak. Sampah yang harusnya dikeluarkan malah tertimbun di sana. Ketika muinum pencahar diikuti dengan banyak air minum, langsung deh lancar.

7. Tukang Sampah
Apa yang terjadi ketika sampah tak diambil tepat waktu oleh tukang sampah? Apa jadinya pula jika sampah rumah tangga terus menumpuk tak dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah? Bau, jijik, dan rawan penyakit kan?

Sama halnya dengan tubuh. Berkaitan dengan poin sebelumnya, air diperlukan untuk membuang sampah tubuh.Apa saja sampah tubuhnya? Ada keringat, air seni alias pipis dan feses alias pup. Tanpa air semuanya bisa menjadi racun bagi tubuh.

8. Penjaga tekanan darah.
Siapa sangka ternyata darah bisa mengental akibat kurang air. Jika darah mulai mengental maka tekanan darah akan merambat naik. Ini kemudian memicu pusing, biasanya di tengkuk, lalu jika dibiarkan bisa parah loh.

9. Pengalir udara
Aliran udara dalam tububh ternyata sangat memerlukan air. Faktanya, ketika dehidrasi maka udara dibatasi secara alami oleh tubuh untuk mengurangi kehilangan air. Jadi, semakin sedikit air, semakin sedikit udara yang bersirkulasi di tubuh karena tubuh tak ingin kehabisan makin banyak air lagi. Ini bisa menyebabkan sesak nafas seperti asma dan alergi pun bisa terpicu untuk kambuh.

10. Penjaga Ginjal
Ini adalah masalah paling banyak didengung-dengungkan jika kita kurang air. Ya, batu ginjal terjadi karena endapan dari mineral dan garam yang mengeras di dalam ginjal. Jika kurang minum ya tidak akan terdorong keluar.

Nah, dengan banyaknya manfaat air untuk tubuh, masihkah mengindahkan anjuran minum paling tidak 2 liter air sehari? Ketika saya berada pada paragraph terakhir ini saya makin terlecut untuk mendisiplinkan diri minum banyak air putih.
Bagaimana cara untuk berdisiplin minum air putih? Tenang, ada aplikasi keren  untuk membantu lebih rajin minum air. Sahabat juga coba ya..






Referensi:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/290814.php

17 comments

  1. Aku butuh pengingat untuk minum air putih 🤭

    ReplyDelete
  2. Mbak, apa aplikasinya untuk membantu rajin minum air putih ? saya diinfo yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tinggal diklik aja di tulisan aplikasinya mb. Sya udah review juga tuh hehehe. Cari aja di playstore Water drinking reminder. ada banyak pilihannya

      Delete
  3. Saya minum air putih selepas bangun tidur

    ReplyDelete
  4. Jangan lupa minum 2 liter air putih tak kurang dan tak lebih

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat ☺️

    Semangat 💪

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Water Drinking reminder udah saya ulas juga tinggal klik link nya di postingan ini .
      Berikut saya sertakan linknya https://silvanadevinta.blogspot.com/2019/08/pengingat-agar-sehat-water-drink.html

      Delete
  7. Bangunntidur saya minum air putih ,mau tidur juga

    ReplyDelete
  8. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete