Mendonor di PMI Kota Surabaya - et cetera

Thursday, January 17, 2013

Mendonor di PMI Kota Surabaya

Saatnya donor ke 6 ta taraaaaa.... Ayo teman-teman jangan ragu dan jangan bimbang..sesuai slogan PMI "setetes darah Anda berguna untuk sesama" maka...mendonorlah. Tidak ada kerugian sedikitpun justru keuntungannya berlipat ganda. Badan sehat, dapat pahala, menolong orang lagi. Hanya 350 cc darah kita yang diambil, padahal selama ini berapa banyak darah hayo yang kita bawa ke sana kemari, 2 liter kurang lebih. Yuk mendonor.

Bagi yang ingin, atau bahkan belum pernah mendonor ini tata cara yang harus Anda perhatikan:

1. Datang ke kantor UDD (Unit Donor Darah) PMI di Jalan Embong Ploso 7 - 15 Surabaya. Cari landmark kota Surabaya, Bambu Runcing dan belok kiri di Jalan Embong Ploso lihat ke arah kiri jalan dan temukan gedung UTD PMI di sana.

2. Masuk ke dalam gedung dan menuju bagian pendaftaran. Ambil dan isi formulirnya. Formulir biru untuk pendaftar baru dan putih untuk yang sudah pernah donor.

Isi formulir dengan benar. Formulir biru untuk yang baru pertama kali donor
Formulir putih untuk yang sudah pernah mendonor
Pada formulir Anda akan ditanya beberapa pertanyaan seperti:
1. Apakah Anda sehat?
2. Pernahkah pergi ke luar negeri selama 6 bulan terakhir?
3. Pernah operasi?
4. Pernah alergi.
5. dan pertanyaan-pertanyaan lain tentang kesehatan sampai pertanyaan bagi wanita yaitu apakah sedang hamil atau menyusui.'
Formulir dan kartu PMI saya

Formulir terisi


Pada halaman kedua di lembar yang sama Anda akan ditanya tentang data-data pribadi yang meliputi identitas pribadi Anda. Standar saja isian tentang nama, alamat, no KTP (jangan lupa membawa KTP) dan pertanyaan-pertanyaan standar lainnya.
Setelah itu tandatangai formulir dan segera serahkan di loket pendaftaran. Sambil menunggu nama Anda dipanggil silakan duduk manis sambil berselancar di dunia maya karena ada layanan wi-fi gratis, atau jika Anda lupa membawa gadget Anda, silakan menikmati layangan televisi berbayar yang disediakan..lumayan...

Setelah nama Anda dipanggil petugas akan mempersilakan Anda masuk ke ruang selanjutnya. Sambil menunggu timbanglah berat badan Anda. Berat minimal 46 kg. Setelah itu Anda akan menuju ke meja 2 tempat mengecek tingkat HB darah.

Jangan tertipu timbangan ini, berat badan Anda bisa naik 1-2 kg dan itu wajar  menurut petugas
karena timbangan ini tidak terlalu valid lagi, mengingat puluhan orang timbang badan hampir
tiap hari




Ini adalah Meja 2 tempat HB Anda dicek. Setetes (benar-benar setetes) darah Anda akan diambil
untuk dicek Hb dan sepertinya ada cek alergi juga.



Bagi wanita petugas akan menanyakan lagi apakah Anda sedang menstruasi dan mengonsumsi obat dalam 3 hari terakhir. Jadi jika ingin donor harus benar-benar sehat dan tidak minum obat 3 hari terakhir.
HB minimal yang diijinkan adalah 12,5. Hari ini HB saya hanya 12,8 padahal sebelumnya bisa mencapai 14,3. HB yang kurang biasanya disebabkan karena tubuh terlalu lelah dan kurang asupan makanan bergizi.

Setelah tahapan ini selesai dan Anda "lolos" bagi pendaftar baru akan diberikan Kartu Pendonor PMI, setelah itu Anda menuju ke ruang kesehatan. Anda akan bertemu dengan dokter jaga. Tekanan darah Anda akan diukur dan kesehatan Anda dicek sekali lagi. Hari ini tidak ada dokter bertugas, mungkin karena saya datang sudah menjelang jam 10 malam. jadi pengukuran tekanan darah dilakukan langsung di ruang penyadapan (ruang pengambilan darah)




 Setelah selesai diperiksa Anda tinggal berjalan menuju ruang penyadapan. Tapi sebelumnya cuci dulu lengan Anda. Dianjurkan mencuci kedua lengan, bukan hanya lengan yang akan diambil darahnya. Gosok dengan sabun terutama pada lipatan lengan. Setelah itu keringkan lengan dan masuklah ke ruang penyadapan.







Ketika masuk di ruang penyadapan Anda akan ditanya petugas "Kiri atau Kanan" maksudnya adalah Anda ingin diambil darah di lengan kiri atau kanan. Di awal saya ingin lengan kiri saya yang diambil darahnya, mengingat saya takut lengan kanan yang jauh lebih aktif saya gunakan mungkin sakit. tetapi oleh petugas dianjurkan lengan kanan dulu yang diambil darahnya karena saya baru pertama kali donor. Saya tidak tahu apa hubungannya tapi saya menyetujui saat itu. ternyata setelah donor lengan tidak bermasalah syukurlah. Akhirnya jadi kebiasaan selalu saya donor di tangan kanan.


Buatlah diri Anda senyaman mungkin, terutama saat petugas mengambil darah. Jarumnya memang terlihat besar tapi rasa sakitnya tak separah dibanding sakit hati ha ha.

Ini sepenggal video ketika jarum mulai menusuk kulit. Sebentar saja dan tidak sakit, percayalah..toh jika memang sakit ini kan demi kemanusiaan. Setelah jarum tertancap dan darah mulai mengalir, mesin penghitung otomatis menghitung laju aliran darah yang masuk ke mesin dan jugajumalh darah yang diperlukan. Saya membutuhkan waktu 15-25 menit untuk mendonor. Orang lain bisa 10-15 menit saja. Menurut petugas sih pembuluh darah saya kecil jadi otomatis lama darah mengalir keluar dan masuk ke kantong darah yang dipasang di atas mesin.


Berusaha rebahan senyaman mungkin



Salut dengan mbak imut yang satu ini, di usianya yang menginjak 18-an, baru  akan kuliah dia sudah aktif mendonor darah. Ini adalah kali pertama baginya mendonor di Surabaya. Curi-curi dengar sebelumnya ia mendonor di
Singapura tempatnya belajar semasa SMA.


Senyum Semangaaaaaat!!!!!
Bagian yang paling keren? Setelah mendonor saya menerima sms dari nomor 0838xxxx yang bunyinya :
TERIMA KASIH... Telah Mendonorkan Darah Anda. Kami Tunggu Anda Untuk Donor Kembali Mulai Tanggal: 01/04/2013
UDD PMI Surabaya

Asyik kan mendonor darah itu? Ayo segera donorkan darahmu!!!!