Olimpiade dan Fakta Uniknya - et cetera

Saturday, September 8, 2012

Olimpiade dan Fakta Uniknya


Beruntung saya mendapatkan kiriman kartu pos dari seorang Postcrosser dari Inggris. Bertepatan dengan berlangsungnya Olimpiade 2012 di London saya pun mendapat kartu pos spesial berikut ini:




Dan dari kartu pos ini penelusuran tentang Olimpiade pun dimulai. Beberapa fakta menarik saya tulis di sini, saya terjemahkan dari situs About.com dan sumber aslinya klik di sini.

Bendera Olimpiade
Bendera Olimpiade diciptakan oleh Pierre de Coubertin di tahun 1914. Bendera ini berlambang 5 buah cincin saling menyambung dengan latar belakang outih. Kelima cincin menggambarkan 5 benua dan melambangkan persahabatan yang tercipta melalui kompetisi internasional ini.
Dari kiri ke kanan kelima cincin berwarna biru, kuning, hitam, hijau, dan merah. Warna-warna ini dipilih karena paling tidak satu dari warna-warna tersebut digunakan sebagai warna bendera negara-negara di dunia. Bendera Olimpiade pertama dikibarkan pada pertanding Olimpiade tahun 1920.

Moto Olimpiade
Di tahun 1921, Pierre de Coubertin, pencetus Olimpiade modern meminjam frase dalam bahasa latin dari temannya Romo Henri Didon sebagai moto Olimpiade yaitu, "Citius, Altius, Fortius" yang artinya lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat.

Sumpah Olimpiade
Pierre de Coubertin menulis sebuah sumpah yang wajib diucapkan para atlet di setiap Olimpiade. Pada upacara pembukaan satu atlet mewakili atlet lainnya mengucapkan sumpah ini. Sumpah pertama diucapkan oleh atlet anggar Belgia Victor Boin di Olimpiade 1920. Sumpah ini berbunyi,"Atas nama seluruh peserta kompetisi, saya berjanji bahwa kami akan mengikuti Olimpiade ini, menghormati dan mematuhi aturan yang berlaku, dalam semangat sportivitas seutuhnya, untuk kejayaan olah raga dan kehormatan tim kami."

Api Olimpiade
Api Olimpiade berasal dari praktik Olimpiade kuno. Di Olimpia (Yunani), api dipantik dari matahari dan dibiarkan menyala sampai penutupan Olimpiade. Api pertama hadir di Olimpiade 1928 di Amsterdam. Api sendiri melambangkan beberapa hal seperti kesucian dan usaha mencapai kesempurnaan. Di tahun 1936, ketua komite Olimpiade Olimpiade 1936, Carl Diem, menyarankan untuk menggunakan obor seperti yang digunakan di olimpiade modern saat ini.Api dipantik dari lokasi Olimpiade asli di Olimpia oleh perempuan-perempuan yang menggunakan jubah Yunani kuno dengan cara menggunakan lensa cekung dan pantulan sinar matahari. Obor kemudian diserahkan berhantian dari satu pelari ke pelari lainnya mulai dari Olimpia sampai di stadion tempat acara diselenggarakan. Apai ini tetap dinyalajan sampai Olimpiade ditutup. Obor Olimpiade dengan api menyala menunjukkan kelangsungan dari Olimpiade kuno ke Olinpiade modern.

Hymne Olimpiade
Hymne ini dikumandangkan ketika bendera Olimpiade dinaikkan. Hymne ini dikarang oleh Sypros Samaras dan lirik dalam hymne ditambahkan oleh Kostis palamas. Hymne ini pertama kali dikumandangkan pada Olimpiade 1896 di Athena tapi belum pernah dikukuhkan sebagai hymne resmi oleh komite Olimpiade sampai tahun 1957.

Medali Emas Asli
Medali Olimpiade emas terakhir yang terbuat dari emas murni diberikan di tahun 1912. Medali Olimpiade didesain khusus oleh komite penyelenggara di kota tempat berlangsungnya Olimpiade. Setiap medali baik emas, perak maupun perunggu ketebalannya paling tidak harus 3 milimeter dan diameternya 60 milimeter. Untuk medali emas harus dilapisi 6 gram emas dan untuk medali perak harus 92.5% terbuat dari perak.

Upacara Pembukaan.
Upacara pembukaan pertama dilakukan di Olimpiade 1908 di London.
Selama prosesi acara pembukaan rombongan atlet selalu diawali dengan atlet-atlet dari Yunani dan kemudian diikuti oleh atlet-atlet dari negara lain sesuai urutan Abjad. Tim terakhir yang menutup defile atlet adalah para atlet dari negara tuan rumah.

Kota bukan Negara
Ketika menentukan lokasi Olimpiade, komite Olimpiade IOC selalu menyebut nama kota bukan menyebut nama negara.

Diplomat IOC
Untuk menjadikan Komite Olimpiade, IOC, sebagai organisasi yang independen, anggotanya dianggap sebagai diplomat IOC bukan diplomat dari negara-negara tempat mereka berasal.

Pembatalan Olimpiade
karena perang dunia I dan II Olimpiade ditiadakan di tahun 1916, 1940 dan 1944.

Gimnasium
Kata gymnasium berasal dari bahasa Yunani "gymnos" yang artinya telanjang. Arti harfiah dari gymnasium adalah sekolah untuk latihan dengan bertelanjang". Atlet di pertandingan Olimpiade kuno yang mengikuti kegiatan ini semuanya telanjang.

Olimpiad
Olimpiad adalah satu periode  4 tahun berturut-turut.Olimpiade adalah perayaan dari Olimpiad. Pada Olimpiade modern, perayaan Olimpiad pertama dilakukan di tahun 1896. 4 tahun sekali ada perayaan Olimpiad; karenanya walaupun Olimpiade ditiadakan di tahun 1916, 1940, dan 1944 tetapi penghitungan periode untuk Olimpiad tetap dilaksanakan. Sehingga Olimpiade 2012 di London disebut Pertandingan Olimpiad ke 30 atau "Games of the XXX Olimpiad"