Ayo Berdonor!!! - et cetera

Monday, May 28, 2012

Ayo Berdonor!!!

Sebagai makhluk Tuhan yang diciptakan untuk membantu sesama kita sebisa mungkin memaksimalkan apa yang telah Tuhan berikan untuk membantu yang lain. Bantuan maca-macam kan sifatnya? Ada bantuan tenaga, uang, semangat, nasihat, dan lain-lain. Nah yang satu ini bantuan yang menurut saya keren, karena memadukan nyali dan keikhlasan he he.

Nyali? Ya, karena bantuan yang saya maksudkan adalah donor darah. Nah...Anda harus punya cukup nyali untuk berhadapan dengan jarum suntiknya. Tenang, tidaklah sakit ketika darah kita diambil, menurut saya begitu. Justru rasa sedikit sakit ketika jarum dilepas dari lipatan lengan ketika selesai berdonor.

Keikhlasan? Ya, darah adalah bagian penting dari dalam tubuh kita. Tahu sendiri kan jika darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, nah dengan sifatnya yang penting itu kita masih mau berbagi..benar-benar butuh keikhlasan kan?

Semoga 3 paragraf awal di atas mendorong Anda untuk berdonor ya? Amin. Nah bagi Anda yang ingin berdonor dan lokasi tempat tinggal Anda di Surabaya, mari saya bentu mendapatkan gambaran tentang cara berdonor.
Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan datang ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Surabaya di Jalan Embong Ploso no 7 - 15. Di manakah Jalan Embong Ploso itu? Gampang. Pasti Anda tahu Bambu Runcing kan? Nah tepat di bundaran Bambu Runcing lihatlah ke arah kiri, maka Anda akan menemukan jalan lebar dengan tugu jadul di depannya. Langsung saja berbelok ke jalan ini. Ada juga papan penanda UTD PMI yang cukup terlihat, walau tidak besar. Anda juga bisa mengikuti donor darah yang ada di mall (jika kebetulan ada)
  2. Langsung menuju pintu utama, di situ Anda jumpai deretan kursi penunggu. Jangan duduk di situ tapi segera  tengok sudut kiri dan kanan Anda tepat di sebelah pintu utama tadi. Di sana disediakan formulir untuk pendonor darah baru dan lama.
  3. Isi formulirnya. Untuk pendonor darah baru ambil dan isi yang berwarna biru. Isi semua data yang diminta termasuk pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda.
  4. JANGAN LUPA: Jangan mengkonsumsi obat apapun sebelum Anda berdonor, maksimal 3 hari sebelum berdonor Anda harus berhenti minum pil dan obat-obatan. Kondisi tubuh juga harus fit ya? Untuk saya pribadi saya selalu minum jus jambu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.
  5. Setelah semua data dalam formulir terisi letakkan lembaran tersebut di keranjang kecil yang diletakkan di loket.
  6. Duduk dan tunggu nama Anda dipanggil. 
  7. Setelah nama Anda dipanggil Anda akan ditanya apakah Anda pendonor baru. Kemudian Anda dipersilahkan menuju ruangan dengan pintu ehm..apa ya sebutannya pokoknya ruangan ini di sebelah loket pas. Timbang berat Anda di timbangan yang disediakan. Berat yang diperkenankan adalah minimal 46 kg.
  8. Petugas dari loket pertama akan memberikan Anda lembaran print out kecil dan form pendaftaran Anda. Letakkan lembaran ini di meja petugas di dekat timbangan. 
  9. Duduk dan tunggu nama Anda dipanggil. Ketika Anda dipanggil, Anda akan dites oleh petugas di meja kedua. Bukan tes tertulis tapi tes kadar Hb. Jika Anda wanita Anda akan ditanya apakah Anda sedang menstruasi atau sedang menyusui. Pastikan Anda tidak mengalami keduanya ya. Hb minimal adalah 12,5. Pertama kali saya mencoba berdonor Hb saya hanya 12,3 (kurang 0,2 pun tidak diperbolehkan). Petugas akan mengambvil sedikit sampel darah Anda. Sedikit tusukan kecil di ujung jari, don't worry be happy he he 
  10. Jika Anda gagal maka istirahatlan yang cukup, makan buah dan sayur selama 3 hari. Setelah itu datanglah kembali ke PMI.
  11. Jika anda lolos maka petugas akan menyerahkan form dan menuliskan Hb kita di print out tadi. Berkas ini Anda serahkan di loket awal. Anda akan segera dibuatkan kartu donor PMI. Selamat!!!
  12. Setelah mendapat kartu dan kertas print out Anda akan diarahkan ke bilik ( ada 2 bilik) tempat petugas (dokter kali ya?) memeriksa kesehatan Anda dan mengecek tekanan darah Anda.
  13. Setelah selesai maka Anda akan menuju ruang penyadapan (hiiiiii namanya gimana gitu ya?) Basuh dulu lengan Anda, khusunya lipatan lengan di wastafel yang disediakan.
  14. Setelah Anda keringkan silakan langsung menuju ruang penyadapan dengan kursi raksasa tempat Anda merebahkan diri.
  15. Anda akan ditanya petugas di lengan bagian mana darah Anda mau disadap. Untuk yang mengendarai kendaraan bermotor dan butuh lengan kanan maka minta saja di kiri. Karen mungkin lengan Anda terasa sedikit nyeri setelah donor. Untuk kasus saya petugas menyuruh saya "mengorbankan" lengan kanan karena saya pemula. Entah apa relevansinya. 
  16. Tidak usah takut di saat ini. Nikmati saja pengalamannya. Tentu saja terasa sakit ketika tertusuk jarum, tapi tidak seseram yang anda bayangkan kok. 
  17. Petugas akan memberikan Anda kupon yang nantinya ditukarkan dengan konsumsi.
  18. Setelah 15-40 menit, mungkin lebih jika darah Anda tidak cepat mengucur maka Anda bisa meninggalkan ruangan tersebut dan menuju ke ruang "rehat". Oh ya, ketika Anda menunggu lebih lama, karena darah yang terambil belum cukup tidak perlu khawatir. Tidak ada rasa aneh ketika darah disadap. Ingat saya benar-benar tidak ada rasanya. Rasa nyeri mungkin timbul ketika jarum diambil dari lipatan lengan.
  19. Setelah selesai duduk dulu. Bersantai, jangan buru-buru berdiri siapa tahu Anda pusing. Keluarlah dari ruangan tempat Anda mengambil konsumsi dan duduk di kursi tunggu. Coba buka kotak kuenya dan minum susu serta biskuit / roti yang Anda terima. Biasanya Anda lapar berat setelah donor.
  20. Selamat! Anda telah menjadi pahlawan baru bagi orang lain :D


Ini lembar print out yang saya maksud.
Di bagian bawah ada tulisan waktu selanjutnya Anda bisa mendonor lagi.